Ada Apa dengan Perut Buncit?

21 November 2012 | 09:56

Perut buncit tidak hanya musuh bagi para perempuan tetapi juga para pria. Perut buncit merupakan salah satu gangguan yang bisa mengurangi kesempurnaan penampilan. Apakah Anda juga bermasalah dengan perut? Jika Anda sudah desperate karena gagal terus menerus ketika memperbaiki bagian tubuh yang satu ini, maka mungkin Anda belum mengetahui beberapa fakta tentang lemak perut.

Perut buncit

Fakta pertama, definisi lemak perut. Perut gendut disebabkan oleh lemak visceral yang berada di antara organ internal dan torso. Nah, jika seseorang mempunyai lemak visceral secara berlebihan di dalam tubuhnya, maka dia akan menderita obesitas sentral atau perut gendut.

Fakta kedua, penyebab lemak perut. Lemak yang menumpuk di dalam perut disebabkan karena perubahan hormone dan juga kelebihan kalori. Nah, untuk menghindari terjadinya penumpukan lemak di bagian ini, Anda sebaiknya mulai menjalani gaya hidup yang sehat, yaitu dengan berolahraga sevara teratur dan juga mengkonsumsi makanan sehat. Dengan begitu, perut Anda akan lebih indah dan tidak buncit lagi.

Perut buncit mempunyai fakta yang ketiga, yaitu perbandingan antara pinggang ke pinggul. Jika anggapan sebagian besar masyarakat adalah perut gendut karena obesitas, maka hal itu tidaklah benar. Karena lemak visceral ternyata bisa menyerang siapa saja, baik mereka yang bertubuh gemuk maupun mereka yang bertubuh kurus. Lemak visceral ini bisa berakibat buruk bagi kesehatan jantung. Tetapi ada satu cara untuk menentukan banyaknya lemak perut yang dimiliki, yaitu dengan membagi ukuran titik terkecil pinggang dengan ukuran terlebar pinggul. Untuk memastikannya, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan ahli dokter gizi.

Fakta keempat, lemak perut lebih buruk jika dibandingkan dengan lemak yang lain. Di dalam tubuh manusia, terdapat lemak visceral yang terlihat di perut dan juga lemak subkutan (lemak di bawah jaringan epidermis) dan biasanya terlihat di bokong dan lengan. Menurut Anda, manakah yang lebih berbahaya? Jawabannya ternyata lemak visceral atau lemak perut karena sulit dihilangkan, bisa menyebabkan diabetes, penyakit kardiovaskular dan kanker. Sedangkan lemak subkutan bisa menyebabkan tubuh terlihat lebih menggelambir dan bisa dihilangkan dengan melakukan aktivitas fisik.

Perut buncit mempunyai fakta yang kelima, yaitu cara efektif untuk pencegahan. Anda bisa mencegah terjadinya pembentukan lemak visceral dengan mengurangi stress dengan meditasi, menjaga pola makan sehat dan minum banyak air putih untuk mengeluarkan garam dari dalam tubuh. Selain itu, Anda juga sebaiknya mengkonsumsi makanan misalnya roti gandum, oats, sayuran hijau, beras merah, kacang-kacangan, buah, ikan dan lain sebagainya. Sebaliknya, Anda harus menghindari makanan yang digoreng dan tinggi gula, misalnya gorengan, permen dan sereal berbalur gula. Jika Anda berpikir bahwa liposuction atau operasi sedot lemak bisa menghilangkan lemak visceral, maka Anda salah. Karena liposuction hanya untuk menghilangkan lemak subkutan dan berbahaya untuk organ internal.

Fakta keenam, cara yang efektif untuk mendapatkan perut rata. Salah satu kunci utamanya adalah dengan pola makan sehat dan seimbang dan juga fitness. Seimbangkan asupan serat, protein dan juga jaga kecukupan cairan tubuh. Penurunan berat badan bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi protein yang terkandung dalam kacang-kacangan, ayam, kedelai, dan ikan.