Adakah yang perlu Anda Perbaiki dalam Penulisan CV?

30 October 2014 | 09:50

Penulisan Curriculum Vitae berpengaruh terhadap peluang dipanggil untuk wawancara atau tidak. Penulisan Curriculum Vitaeyang salah hanya akan membuat perekrut kerja tidak melirik CV dan surat lamaran Anda. Ketika Anda mulai lulus kuliah dan mulai menyebar banyak surat lamaran, biasanya CV dan lamaran yang Anda kirim tidak ada kesan spesial yang bisa menunjukkan kualitas diri Anda yang sebenarnya. Ini adalah kesalahan yang paling sering dilakukan oleh para pelamar kerja. Nah untuk menghindari kesalahan ini, sebaiknya Anda cek lagi CV Anda apakah sudah terlihat profesional dan ‘mengundang’ atau belum. Ini dia kriteria CV yang profesional dan potensial untuk direkrut:

Penulisan Curriculum Vitae

  • Harus memenuhi kriteria. Pastikan Anda sudah mengecek kelengkapan CV Anda. Walaupun Anda melamar ke banyak perusahaan, pastikan Anda memenuhi masing- masing CV tersebut sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan terkait. Paling tidak Anda sudah menulis pemenuhan 70% dari semua kriteria yang diajukan oleh masing- masing perusahaan tersebut.
  • Tuliskan subyek email yang sesuai. Penulisan Curriculum Vitae juga harus ditunjang dengan subyek yang sesuai dan yang tepat. Jika Anda mengirim lamaran melalui email, Anda tidak boleh lupa untuk menuliskan subyek sesuai dengan posisi yang akan Anda lamar dan disertai dengan nama lengkap Anda.
  • Ciptakan CV dan surat lamaran yang spesial. Ada berbagai aspek yang yang dipertimbangkan untuk dipilih dari kandidat yang lain. Walaupun Anda belum pintar dan belum mempunyai pengalaman, tetapi Anda harus mampu memikat perekrut dengan menampilkan CV dan surat lamaran yang meyakinkan. Caranya yaitu dengan mencantumkan semua pendidikan baik formal maupun non formal dan juga semua pengalaman yang Anda miliki.
  • Tunjukkan kekuatan kemampuan Anda. Dari CV dan surat lamaran, pastikan Anda sudah menyatakan kontribusi yang akan Anda berikan pada perusahaan tersebut. Pastikan semua pengalaman yang Anda ketahui, seperti pengalaman kerja, pengalaman berorganisasi dan juga kepribadian Anda yang bisa membuat Anda terlihat orang yang mampu menjabat di posisi tersebut. Sebaiknya Anda tidak hanya mendeskripsikan kata- kata atau sifat- sifat klise saja, seperti bertanggung jawab maupun pekerja keras. Sebaiknya ganti dengan sifat- sifat atau kelebihan Anda yang berhubungan dengan posisi yang Anda lamar.

Ikutilah instruksi yang ada. Penulisan Curriculum Vitae harus sesuai dengan instruksi lowongan pekerjaan yang ada. Karena jika ada pelamar yang tidak membaca atau mengikuti instruksi hanya akan membuat para perekrut menjadi malas untuk memilih ramalan yang seperti itu. Misalnya ketika ada instruksi untuk menyertakan pas foto terbaru, maka Anda juga harus menyertakannya. Karena jika tidak, Anda hanya akan menegaskan bahwa Anda tidak bisa mengikuti apa yang sudah diinstruksikan dan ini menjadi poin negatif.