Akibat Kurang Tidur…

25 April 2013 | 09:35

Akibat kurang tidur bisa berbahaya bagi kesehatan. Akibat kurang tidur ini bahkan bisa sampai menyebabkan kematian lho, Ladies. Orang dewasa membutuhkan tidur selama 7-9 jam pada malam hari. Kenapa pada waktu malam hari? Karena pada waktu inilah yang sangat efektif untuk bisa mengembalikan energy setelah beraktivitas selama seharian. Walaupun mempunyai manfaat yang nyata, tetapi ternyata masih banyak juga yang tidak disiplin dalam mentaatinya. Ayo sekarang coba hitung berapa jam Anda tidur dalam satu hari? Karena ini dia efek buruk yang bisa ditimbulkan jika kita kekurangan waktu tidur, khususnya pada malam hari:

Akibat kurang tidur

  • Ancaman obesitas. Pernahkah Anda diet mati-matian tetapi tidak berhasil diet yang Anda lakukan? Mungkin jam tidur Anda yang kurang. Lalu apa hubungannya jam tidur dengan diet? Ketika seseorang kurang tidur, pikiran Anda secara otomatis akan merasa kelelahan dan akhirnya memberikan sinyal palsu atas adanya rasa lapar. Akibatnya, Anda akan makan dalam jumlah yang berlebihan pada keesokan harinya atau malah ngemil di malam harinya sebelum tidur.
  • Bisa meningkatkan resiko diabetes. Akibat kurang tidur juga bisa menyebabkan adanya peningkatan penyakit diabetes. Walaupun anak-anak remaja tidak mempunyai gen diabetes, mereka tetap bisa terancam penyakit ini jika jam tidurnya kurang.
  • Jadi pelupa. Menjadi pelupa dan sering merasa letih bukan hanya dikarenakan penuaan dini, tetapi juga bisa jadi karena Anda kurang tidur. Jika Anda mempunyai jam tidur yang semakin kurang, maka Anda juga akan lebih sering merasa lelah dan lupa.
  • Tulang keropos atau osteoporosis. Karena ketika seseorang kurang tidur, terdapat perubahan pada kepadatan tulang. Dan jika hal ini terjadi dalam waktu yang lama maka resiko osteoporosis akan mengancam tubuh Anda.
  • Meningkatkan resiko kanker. Akibat kurang tidur juga bisa membangkitkan resiko kanker walaupun Anda tiak mempunyai keluarga dengan riwayat kanker. Penyebab mematikan ini bisa mengincar mereka yang mempunyai jam tidur kurang dari 6 jam sehari.

Nah ketika sudah mengetahui semua resiko-resiko begadang bagi kesehatan tubuh, sebaiknya Anda sekarang mulai berhati-hati dengan kesehatan Anda. Pastikan Anda tidur dengan berkualitas, singkirkan semua gadget, buku, TV, dan lain sebagainya. Yuk kita mulai tidur berkualitas dari malam mini.