Aktivitas Pagi Hari yang Menggagalkan Diet

8 March 2013 | 04:26

Aktivitas pagi hari ternyata tetap berhubungan dengan rencana yang Anda jalankan, termasuk diet. Aktivitas pagi hari bisa berpengaruh pada tinggi rendahnya metabolisme tubuh. Walaupun tingkat metabolisme tubuh bisa dipengaruhi oleh beberapa factor, seperti berat badan, suai dan juga genetik. Apa saja yang Anda lakukan pada pagi bisa berdampak pada aktivitas Anda selama seharian tersebut. Untuk itulah jika Anda memang ingin menjaga berat badan, menurunkan berat badan maupun ingin menjaga agar metabolisme tubuh tetap baik, manfaatkan aktivitas Anda di pagi hari. Berikut ini beberapa kesalahan yang tidak harus Anda lakukan pada pagi hari:

Aktivitas pagi hari

  • Telat sarapan. Jika Anda sering melewatkan sarapan atau baru sarapan sekitar pukul 10.00, maka metabolisme tubuh akan melambat. Akibatnya adalah usaha Anda untuk berdiet menjadi sia-sia belaka. Karena ketika tubuh melakukan ‘puasa’ selama 8 jam di malam harinya, tetapi tidak langsung diberi asupan makanan, maka otak akan mengirimkan perintah ke seluruh tubuh untuk melakukan penghematan energy. Artinya, otak memberi sinyal untuk menahan simpanan lemak di dalam tubuh yang sebenarnya ingin Anda hilangkan. Waktu paling tepat untuk sarapan adalah 1 jam setelah bangun tidur di pagi hari. Karena akan membantu meningkatkan proses metabolisme yang bisa disebut dengan thermogenesis, yaitu mengubah makanan menjadi energy. Pastikan sarapan yang Anda asup mengandung protein tinggi di bawah 350 kalori, air putih dan karbohidrat kompleks. Dan jangan pernah sarapan dengan kopi.
  • Melupakan olahraga. Aktivitas pagi hari yang membuat diet Anda berantakan adalah dengan melupakan olahraga. Kebanyakan dari kita merasa malas atau terburu-buru untuk melakukan olahraga pada pagi hari. Padahal olahraga di pagi hari kaya akan manfaat karena mampu membakar kalori lebih banyak daripada siang atau sore hari. Di saat tubuh melakukan olahraga saat matahari baru terbit, maka tubuh akan terus membakar kalori sampai 24 jam ke depan. Nah, untuk memaksimalkan diet Anda, bangunlah lebih pagi dan lakukan olahraga seperti jogging, aerobic, bersepeda, dan lain sebagainya. Selain itu, olahraga di pagi hari juga bisa membuat Anda lebih fit dan segar sampai malam hari.
  • Sarapan dengan makanan tinggi gula. Aktivitas pagi hari yang satu ini entah sengaja atau tidak, amsih sering dilakukan oleh banyak orang. Karena gula bisa menaikkan gula darah dengan cepat tapi juga bisa menurunkannya dengan cepat. Jadi ketika seseorang mengkonsumsi makanan tinggi gula untuk sarapan, maka tubuh akan cepat lapar dan lemas yang akibatnya pada siang hari Anda mempunyai hasrat makan yang lebih tinggi.