Alasan Anak Harus Minum ASI

16 October 2012 | 10:12

ASI merupakan makanan utama sang bayi ketika pertama kali menghirup udara bebas di bumi. Lalu mengapa harus ASI? Apakah susu formula yang lain juga sama bermanfaatnya dengan ASI? Karena ASI lebih mempunyai kandungan gizi yang sangat lengkap bagi bayi jika dibandingkan dengan susu formula yang ada di pasaran, seberapapun mahalnya susu formula tersebut. Kandungan yang ada di dalam ASI antara lain, asam lemak tak jenuh (DHA, AA, sphingomyelin), mineral (fosfor, kalsium dan magnesium), serat pangan yang berperan sebagai prebiotik (Fos-Gos), dan lain sebagainya. Semua kandungan yang ada di dalam ASI bisa membuat sang buah hati lebih sehat dan lebih kuat.

ASI

Selain itu, susu juga mempunyai kandungan karbohidrat dan lemak yang bisa membuat sang buah hati Anda bisa menahan lapar cukup lama. Sekaligus bisa membantu mengubah lemak menjadi energy. Karena energy sangat penting dibutuhkan oleh anak agar bisa membantunya lebih optimal dalam beraktivitas. Nah, agar Anda tidak segan ketika akan menyusui anak Anda, berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari minum ASI untuk bayi, diantaranya:

Pertama, tulang sehat. ASI yang kaya akan kandungan fosfor, kalsium, protein dan magnesium ini bisa membuat tubuh sang bayi menjadi lebih kuat dan sehat tulangnya. Semua zat gizi ini berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang. Nah, jika Anda terbiasa dengan mengkonsumsi ASI langsung dari Anda, maka tulang anak akan lebih terlindungi dari berbagai gangguan osteoporosis (keropos) saat anak sudah beranjak dewasa di kemudian hari. Tetapi Anda juga harus ingat bahwa kandungan ini harus Anda maksimalkan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi tinggi selama menyusui karena nutrisinya akan mengalir ke buah hati Anda.

Kedua, gigi sehat. Selain tulang, fosfor dan juga kalsium yang dikandung oleh ASI bisa membuat gigi anak tetap kuat dan sehat. Gigi bisa digunakan sepanjang hidup karena zat gizi ini bisa melindungi gigi dari asam mulut, sisa makanan yang menempel, bakteri dan lain sebagainya. Hal ini berbeda jika Anda memberika susu formula kepada buah hati Anda. Buha hati Anda akan terancam mendapati karies gigi karena di dalam susu formula terdapat gula tambahan yang bisa merusak kekokohan tulang dan gigi.

Ketiga, ASI bisa mendukung kecerdasan. Kandungan AA, DHA, sphingomyelin dan yang lainnya yang ada di dalam ASI bisa menjadi nutrisi yang baik bagi otak anak. Jika asupan ASI cukup, maka akan mendukung pertumbuhan kecerdasan anak. Tetapi walaupun demikian, anak Anda harus tetap bisa diberikan stimulasi dan juga asupan nutrisi yang beragam dari sumber makanan lain (jika anak sudah mulai ada di tahapan usia perkembangan lanjutan). Dengan ASI dan dukungan nutrisi dari makanan yang lain, Anda akan mendapatkan pertumbuhan anak yang sangat optimal dan maksimal.

Keempat, lebih aktif. Kandungan gizi yang lengkap di dalam ASI merupakan asupan makanan yang sangat komplit untuk anak. Jika Anda secara rutin memberikan asupan ASI tanpa dicampur dengan susu formula, maka tubuhnya juga akan terasa lebih sehat dan bugar. Nah dengan kondisi tubuh yang prima, anak Anda akan lebih aktif dan cerdas. Hal ini tentu saja akan sangat penting untuk bisa mendukung pertumbuhan tubuhnya.

Kelima, sebagai kudapan sehat. Jika anak Anda mulai beraktivitas, misalnya usia 1 tahun lebih. Biasanya anak akan semakin mudah merasa lapar dan haus. Nah, ASI bisa menjadi kudapan lezat dan sehat. Selain itu, susu juga bisa mengatasi kebutuhan cairan anak yang terkuras saat beraktivitas. Sehingga anak akan terhindar dari dehidrasi.