Alasan Anda Tidak Naik Jabatan

11 January 2013 | 09:56

Naik jabatan merupakan salah satu hal yang paling diinginkan oleh setiap pekerja. Naik jabatan bisa diartikan sebagai peningkatan taraf hidup. Karena ketika seseorang mendapatkan promosi, pastinya gaji juga meningkat sesuai dengan jabatan yang diemban. Tetapi ketika Anda sudah bekerja selama bertahun-tahun tetapi tidak kunjung mendapatkan promosi, pastinya Anda mulai bertanya-tanya apa ada yang salah dengan Anda.

naik jabatan

Sejatinya dalam mempromosikan seorang karyawan, pihak perusahaan akan memberikan penilaian dengan pengukuran tertentu. Karena untuk ukuran perusahaan, ada beberapa hal yang sangat diperhitungkan untuk bisa mempromosikan seorang karyawan, antara lain: kompetensi, kinerja dan juga kebutuhan perusahaan itu sendiri.

  1. Kinerja. Untuk mempertimbangkan kinerja, biasanya diukur dari evaluasi tahunan. Perusahaan akan melihat KPI (Key Performance Indicators) untuk melihat apakah target-target yang sudah ditetapkan berhasil diselesaikan dan dicapai dengan baik atau tidak.
  2. Kompetensi. Perusahaan mengukur akan mengukur apakah seseorang tersebut cukup baik atau cukup buruk dalam melaksanakan pekerjaannya.
  3. Kebutuhan perusahaan. Ketika Anda merasa bahwa kinerja Anda baik dan kompetensi Anda juga baik tetapi Anda tidak kunjung mendapat promosi, mungkin perusahaan sedang tidak membutuhkan posisi baru. Jika sudah begini, sebaiknya Anda mencari alternative lain yaitu pergi mencari perusahaan lain yang lebih membutuhkan Anda sehingga jabatan Anda akan lebih tinggi dan lebih menjanjikan. Idealnya, seorang karyawan harus melakukan evaluasi terhadap dirinya sendiri setiap 3 tahun. Jika dalam 3 tahun tersebut tidak ada kemajuan di perusahaan sekarang dengan kinerja dan kompetensi yang bagus, maka sudah saatnya Anda mencari perusahaan yang lain.

Naik jabatan ini bisa menjadi hal yang sulit tercapai jika salah satu poin di atas tidak lengkap. Misalnya jika seorang karyawan mempunyai kinerja yang baik, tetapi mengapa dia tidak mendapatkan promosi? Mungkin karena secara kompetensi dia belum bisa memenuhi harapan perusahaan. Misalnya kerjanya sudah bagus tetapi tidak kompeten dalam memimpin orang lain, maka perusahaan juga akan mengurungkan niat untuk melakukan promosi padanya.

Naik jabatan juga sulit dilakukan jika tidak bisa memberikan apa yang perusahaan inginkan. Karena lamanya masa kerja bukan berarti bisa langsung menempati posisi yang dipromosikan. Misalnya seorang karyawan yang kompetensinya terbatas tidak bisa dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi lagi. Sebaliknya, ada yang masih baru tetapi dia mempunyai ide yang kreatif, cemerlang dan inovatif. Maka bukan tidak mungkin dia dipromosikan lebih dulu untuk menempati posisi yang lebih tinggi karena ide-idenya tersebut dirasa mampu memberikan manfaat bagi perusahaan. Itulah mengapa sebaiknya setiap 3 tahun sekali seorang karyawan melakukan evaluasi terhadap dirinya sendiri. Lihat apakah kesempatan mendapatkan promosi di perusahaan tersebut ada atau tidak. Jika memang tidak ada, Anda bisa mulai berpikir ulang untuk bertahan atau berkembang di perusahaan lain.