Apa Bedanya Memakai Sunblock dan Sunscreen?

4 November 2014 | 10:01

Sunblock dan sunscreen merupakan dua produk yang diciptakan untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Sunblock dan sunscreen mempunyai kegunaannya masing- masing. Tetapi yang selama ini terkenal sering digunakan untuk melindungi kulit dari sinar matahari adalah sunscreen. Apakah kebiasaan ini sudah benar? Ternyata tidak, Ladies. Anda harus mengubah pandangan dan perilaku yang satu ini. Karena kulit yang akan terkena sinar UV harus terlindungi dengan tepat, bukan hanya oleh krim anti sinar UV saja atau yang biasa kita sebut dengan sunscreen. Sebaliknya, Anda harus mulai familiar dengan sunblock ketika akan berhubungan langsung dengan sinar matahari.

Sunblock dan sunscreenPerlindungan total kulit ternyata meliputi beberapa hal, tidak hanya penggunaan krim tabir surya atau sunscreen saja. Jadi jika diibaratkan, sunscreen hanya memberikan perlindungan dari luar saja. Padahal kulit membutuhkan perlindungan baik dari dalam maupun luar sehingga lebih efektif. Perlindungan menyeluruh ini bisa mengurangi resiko kulit menjadi rusak dan kulit tetap indah serta terawat sampai nanti. Sebagai makhluk hidup, kita pastinya tidak bisa menghindari sinar matahri. Karena tubuh kita juga membutuhkan vitamin D dari matahari yang bisa kita dapatkan di jam- jam tertentu. Berikut ini solusi efektif yang bisa membantu melindungi kulit Anda dari bahaya sinar matahari:

  • Sunblock dan sunscreen. Keduanya merupakan produk yang berbeda dengan kandungan yang berbeda pula. Karena sunscreen merupakan produk perlindungan kulit yang mengandung bahan kimia yang bisa menghindari atau menangkis sinar UV A dan juga UV B. Tetapi walaupun sudah memakai sunscreen, masih ada sinar matahari yang terserap oleh tubuh. Selain itu, bahan kimia yang terkandung di dalam sunscreen juga berpotensi merusak lapisan kulit bagian atas. Berbeda dengan sunblock. Sunblock adalah produk yang terbuat dari antioksidan, mineral dan juga moisturizer. Sunblock mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki oleh sunscreen, yaitu kandungan zat besi atau zinc yang merupakan pelindung kulit yang cara kerjanya sama seperti cermin, yaitu memantulkan kembali sinar matahari dari kulit. Jadi kulit akan aman terlindungi.
  • Berikan perlindungan dari dalam. Selain menggunakan krim pelindung dari luar, konsumsi juga makanan yang bisa melindungi kulit, misalnya makanan yang mengandung vitamin A, C, D dan E. Buah dan sayuran merupakan sumber utama dari vitamin- vitamin tersebut yang bisa menjaga kesehatan kulit Anda.
  • Pakailah perlindungan tambahan, seperti payung atau topi. Sunblock dan sunscreen juga merupakan perlindungan luar, tetapi yang menempel langsung di kulit Anda. Jika Anda ingin menambah perlindungan, maka jangan segan untuk menambahkan topi atau payung. Cara ini adalah cara yang paling mudah dan murah yang bisa Anda lakukan untuk melindungi kulit Anda.