Apa Saja Sih Bahan Jilbab Itu?

30 October 2014 | 09:49

Bahan jilbab yang biasanya digunakan untuk membuat jilbab biasanya ada 6. Bahan jilbabmemang berpengaruh langsung pada penampilan para pengguna jilbab karena faktor keindahan dan kenyamanan pengguna jilbab jelas dipengaruhi oleh bahan yang digunakan. Misalnya saja ketika musim kemarau Anda sebaiknya menghindari bahan yang panas dan terlalu tebal karena hanya akan membuat Anda terlihat tidak nyaman dan berantakan. Untuk itulah Anda harus bisa memilih mana bahan yang cocok dengan cuaca dan acara yang akan Anda datangi. Ini dia jenis- jenisnya:

Bahan jilbab

  • Bahan jersey. Kain yang satu ini terbuat dari kain katun stretch yang bertekstur tebal, halus dan elastis. Bahan yang satu ini biasanya digunakan untuk membuat blouse atau atasan yang sangat nyaman jika digunakan sehari- hari. Bahan ini menyerap keringat sehingga cocok digunakan pada musim kemarau. Jilbab yang menggunakan bahan ini biasanya berupa jilbab instan. Jika memang Anda ingin menggunakan bahan ini ke acara formal atau pesta, sebaiknya pilih model yang sesuai (misalnya berbentuk turban) agar terlihat rapi dna dilengkapi dengan scarf dengan bahan lain.
  • Viscose. Bahan jilbab yang satu ini pernah menjadi trend di kalangan para pengguna jilbab. Karena bahannya sejenis dengan rayon yang lembut tetapi tidak licin. Bahan yang satu ini juga seperti kain katun yang bisa menyerap keringat dan melekat dengan nyaman. Bahan yang satu ini terkenal ketika dijadikan scarf karena teksturnya yang tebal, lebar dan juga sangat mudah untuk dikreasikan. Ciri bahan ini adalah pada ujungnya biasanya terdapat serat- serat kain yang tidak panjang (seperti bahan kashmir pada pashmina). Anda bisa memilih bahan ini untuk acara semi formal maupun acara santai.
  • Kain sifon. Bahan yang satu ini bisa dikatakan yang paling popular karena sifatnya yang lebar, ringan, panjang dan tipis. Dengan kreasi jilbab berbahan dasar sifon, Anda bisa menggunakannya untuk acara formal maupun non formal. Karena sifatnya transparan, sebaiknya Anda menggunakan ciput di dalamnya. Untuk scarf yang berbahan sifon tersedia dalam berbagai model dan corak sehingga Anda bisa dengan mudah mengkreasikannya. Bahannya yang adem juga memungkinkan Anda untuk menggunakannya di cuaca panas sekalipun.
  • Satin. Bahan jilbab yang satu ini akan membuat tampilan Anda menjadi lebih glamour dan elegan. Jilbab dari bahan satin biasanya populer dengan warna- warna terangnya, seperti pink, gold, silver, biru, hijau dan merah. Tampilan mengkilat pada permukaannya terbentuk karena kain ini dicampur dengan sutera.
  • Polyester. Bahan yang satu ini tidak bisa menyerap keringat sehingga tidak cocok jika digunakan untuk aktivitas outdoor. Bahan jenis ini cocok untuk digunakan berolahraga atau renang karena sifat bahannya tidak mudah kusut.

Kashmir. Bahan kashmir banyak sekali yang berbentuk pashmina. Sifat bahan yang satu ini adalah hangat dan mudah untuk dikreasikan sehingga sangat tepat digunakan pada cuaca dingin atau di dataran tinggi.