Apakah Anda Sudah Siap Membangun Rumah Tangga? Simak Tanda- Tandanya

15 October 2014 | 09:41

Siap membangun rumah tangga membutuhkan mental dan fisik yang kuat agar bisa membangun keluarga yang kuat dan bahagia. Siap membangun rumah tanggaberarti berkomitmen untuk menjaga kebahagiaan dan kemakmuran pasangan maupun anak- anak. Pernikahan tidaklah semudah yang dibayangkan, tetapi tidak pula semenakutkan yang dipikir orang. Menikah harus berasal dari hati. Jangan karena teman- teman sudah banyak yang menikah atau usia Anda sudah matang untuk menikah akhirnya Anda ikut- ikutan menikah, ini adalah alasan yang salah untuk melepas masa lajang. Karena sebelum menikah Anda harus benar- benar siap untuk berkomitmen. Jika ada beberapa tanda di bawah ini yang cocok dengan Anda, berarti Anda belum siap menikah dan masih harus membenahi diri sendiri:

siap membangun rumah tangga

  • Tidak punya rencana. Seperti yang kita bahas di depan, pernikahan tidak hanya sebatas di atas pelaminan saja. Bahkan bisa dikatakan bahwa kehidupan pernikahan yang sebenarnya adalah setelah selesai resepsi. Setelah memutuskan akan menikah, seseorang harus mempunyai perencanaan tentang kehidupan setelah resepsi pernikahan digelar. Jika Anda masih suka berkumpul bersama teman- teman dari pagi sampai malam, menghabiskan uang untuk berbelanja ini dan itu, maka sebaiknya Anda harus segera berbenah jika ingin mempunyai kehidupan pernikahan yang manis dan bahagia. Jadi sekarang pertanyaannya, apakah Anda sudah siap melepas masa lajang dan melepas waktu berkumpul bersama teman- teman dan belajar lebih banyak menabung? Jika hidup Anda sendiri masih belum teratur, maka sebaiknya jangan buru- buru untuk menikah.
  • Masih suka mencari sosok pria lain padahal sudah mempunyai kekasih. Siap membangun rumah tangga berarti Anda mampu untuk berkomitmen pada satu orang saja. Jika Anda memang sudah merasa cocok dan yakin pada pasangan Anda, maka berkomitmen lah dengannya. Tetapi jika Anda belum merasa yakin dan cocok, jangan langsung untuk memutuskan menikah. Pilihlah pria yang paling cocok dan membuat Anda merasa nyaman. Jadi jika Anda merasa masih ragu dengan pasangan yang sekarang, sebaiknya tidak buru- buru untuk melangkah ke arah yang lebih jauh.
  • Masih suka dan sering mengancam pasangan dengan kata putus. Masalah yang ada pada hubungan memang tidak sedikit, terlebih ketika sudah mencapai hubungan menikah. Ketika pada saat masih pacaran dan belum bisa menyelesaikan masalah dengan cara dewasa, maka tandanya Anda dan pasangan masih belum siap menikah. Salah satu contohnya adalah selalu mengancam pasangan dengan kata putus setiap kali bertengkar. Karena emosi yang masih labil bisa mengancam keutuhan rumah tangga nantinya. Untuk itulah mulai dari sekarang Anda harus bisa mengerti dan berkompromi dengan pasangan untuk mencapai titik temu ketika menghadapi suatu masalah.
  • Masih belum percaya diri dan terhadap pasangan. Siap membangun rumah tangga berarti harus percaya pada diri sendiri maupun pasangan. Kepercayaan merupakan hal yang utama sebagai fondasi sebuah hubungan. Jadi jika sampai saat ini Anda masih belum percaya pada pasangan, maka jangan buru- buru untuk memutuskan menikah dengannya.