Apakah Tubuh Anda Menua Secara Dini? Kenali Tanda- Tandanya!

2 October 2014 | 09:47

Tubuh yang menua memang sudah menjadi kodrat setiap makhluk hidup. Tetapi bagaimana jika tubuh yang menua sebelum waktunya? Bagaimana jika usia masih muda tetapi sudah muncul kerutan, kulit yang kendur dan flek kecoklatan? Padahal tubuh yang menua ini tidak hanya di permukaan saja, jika tubuh sudah menua, maka fungsi tubuh juga akan menurun. Nah berikut ini beberapa ciri penuaan dini yang dialami tubuh:

Tubuh yang menua

  • Mulut kering atau yang biasa disebut dengan cotton mouth. Jika mulut terasa kering pada pagi hari, maka hal ini menunjukkan sleep apnea (saluran pernafasan tertutup sehingga udara tidak mencapai paru-paru). Gangguan tidur yang satu ini termasuk gangguan tidur yang berbahaya karena bisa menimbulkan jeda nafas saat sedang tidur (yaitu¬† nafas berhenti selama beberapa waktu). Gangguan tidur yang satu ini biasanya terjadi pada pria dan wanita yang berusia paruh baya. Tetapi jika ada yang mengalaminya ketika usianya masih muda, harus segera berkonsultasi ke dokter.
  • Mata merah. Tubuh yang menua juga bisa menyebabkan mata memerah tanpa adanya sebab yang pasti. Biasanya hal ini disebabkan oleh kaku otot atau sedang menderita radang sendi. Mata yang memerah juga bisa disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada otot kemudian memyebabkan radang di mata. Untuk mengobatinya, Anda harus segera mengobati radang sendiri ini agar proses penyembuhannya lebih mudah dan tidak akan lagi kambuh dalam waktu yang lama.
  • Kulit terlihat berwarna keabuan. Jika kulit terlihat pucat, tidak bercahaya dan cenderung kusam/ berwarna keabuan, maka ini adalah tandanya ginjal membutuhkan perhatian ekstra. Hal ini menunjukkan ada masalah dengan ginjal. Karena fungsi ginjal sebagai penyaring toksin dari darah menuju saluran pembuangan melalui urin. Jadi ketika ginjal mengalami gangguan (terlebih kronis), maka ginjal tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya dan akibatnya cairan elektrolit serta toksin terakumulasi di tubuh dan menyebabkan kulit terlihat kusam. Nah jika kulit Anda tiba-tiba menjadi kusam dan tidak seperti biasanya, segera konsultasi dengan dokter.
  • Indra penciuman sudah tidak setajam dulu lagi atau bahkan hilang. Jika Anda merasa sulit untuk mencium bau parfum, masakan atau aroma yang lain, maka Anda harus mulai waspada. Ini merupakan ciri dari penyakit Parkinson. Penyakit yang satu ini merupakan gangguan saraf yang terjadi secara perlahan dan gejalanya terus bertambah setiap hari dan semakin hari semakin buruk. Jika sudah mengalami penyakit ini, otot akan mudah bergetar dan kaku, pergerakan menjadi lamban, sulit berbicara, tubuh tidak seimbang dan pikun.
  • Terdapat benjolan atau bengkak di jempol kaki. Tubuh yang menua juga dicirikan dengan munculnya benjolan di jempol kaki. Mulai sekarang, ketika Anda memotong kuku kaki, sempatkan untuk mengecek jempol kaki Anda. jika terdapat benjolan/ bengkak pada ujung jempol kaki, itu bisa menjadi tanda adanya kanker paru-paru.