Awas! Jangan Salah Mengenakan Bra!

27 May 2013 | 09:54

Aturan memakai bra yang tepat akan memberikan perlindungan ekstra pada organ wanita yang satu ini. Aturan memakai bra tidak boleh dilanggar karena bisa-bisa menimbulkan masalah kesehatan dan keindahan payudara wanita. Karena setiap wanita mempunyai aktivitas, tingkat kenyamanan dan ukuran yang berbeda, maka dibutuhkan bra yang tepat untuk bisa mendukung aktivitasnya setiap hari dan untuk membuat payudara tetap nyaman dan aman. Tetapi kesadaran untuk memilih bra yang tepat ternyata masih rendah di kalangan wanita sendiri. Karena ternyata masih banyak yang salah melakukan perawatan bra dan salah memilih ukuran bra. Karena walaupun tertutup, bra yang Anda kenakan tetap harus diperhatikan dengan seksama.

Aturan memakai bra

  • Ukuran tepat. Jika Anda masih bingung dan ragu tentang ukuran Anda, cobalah untuk pergi ke toko bra yang menyediakan layanan pengukuran bra. Dengan begitu, Anda bisa memilih ukuran bra yang tepat. Setidaknya Anda harus melakukan pengulangan ukuran selama 6 bulan sekali. Karena payudara bisa berubah ukuran, seperti karena kehamilan, pubertas, penambahan dan pengurangan berat badan.
  • Ukuran untuk tiap merek bra tidak sama. Sama halnya dengan merek baju, merek bra juga mempunyai standar ukuran yang berbeda. Misalnya Anda biasanya membeli bra merek A dengan ukuran 34B tetapi ketika Anda membeli bra dengan merek yang berbeda dengan ukuran yang sama justru terasa sesak. Jadi sebaiknya Anda membeli bra yang memperbolehkan Anda untuk mencoba terlebih dahulu.
  • Bra tidak tepat pada saat.. Aturan memakai bra yang benar adalah dengan mencobanya di depan cermin dan lihatlah sampai semua bagian dada terlihat. Angkatlah tangan Anda ke atas. Nah jika bagian bawah payudara ada yang lolos, maka bra tersebut kebesaran. Sebaliknya, jika payudara Anda terlihat mencuat terlalu ketat atau terdapat tonjolan ketika Anda mengangkat kedua tangan Anda, berarti bra Anda terlalu sempit.
  • Setiap wanita harus memiliki setidaknya dua bra warna hitam, dua bra warna kulit, bra olahraga dan satu bra tanpa tali (untuk dipakai saat mengenakan dress). Anda tidak perlu mempunyai semua koleksi bra yang ada. Asalkan Anda sudah mempunyai must-have-bras tersebut, maka koleksi bra Anda sudah bisa dibilang komplit.
  • Mencuci bra. Aturan memakai bra juga harus memperhatikan cara pencucian yang tepat. Pastikan bra Anda hanya dicuci dengan tangan. Karena jika Anda mencuci bra dengan mesin, maka resikonya adalah cup bra menjadi rusak dan longgar. Untuk memerasnya, cukup angina-anginkan bra Anda saat dijemur, tak perlu diperas terlalu keras.

Jadi, mulai sekarang Anda juga harus memperhatikan cara perawatan dan pemilihan bra agar daya topang yang ditimbulkan tetap nyaman dan kuat tanpa melukai tulang punggung Anda karena kesempitan. Dengan begitu, Anda harus bisa lebih bijak dalam memilih dan merawat bra untuk melindungi aset berharga Anda.