Ayo Sehatkan Jantung!

24 April 2014 | 09:45

Menyehatkan jantung sangat penting untuk semua orang, baik anak kecil sampai orang dewasa. Menyehatkan jantung akan membantu kehidupan kita menjadi lebih sehat dan indah. Jantung walaupun organ tubuh yang besarnya hanya sekepalan tangan tetapi mempunyai peran yang sangat vital bagi tubuh kita. Ketika ada yang salah dengan organ ini, maka nyawa bisa menjadi taruhannya. Ciri jantung yang sehat dan dalam kondisi baik adalah ketika Anda tidak sadar bahwa jantung Anda sedang bekerja. Berikut ini beberapa kunci agar jantung tetap sehat:

Menyehatkan jantung

  • Pastikan jantung mendapat pasokan oksigen yang cukup. Suplai oksigen yang cukup akan membuat jantung tidak terlalu terbebani. Untuk memberikan banyak suplai ke jantung, Anda bisa melakukan olahraga aerobik seperti jogging, berjalan kaki, bersepeda, berenang, lari marathon maupun lari-lari kecil. Kunci dasarnya adalah dengan melakukan aktivitas fisik dengan frekuensi yang konstan jadi detak jantung pun menjadi teratur. Ketika jantung sudah berdetak secara konstan, maka otot jantung akan secara otomatis terlatih memompa lebih teratur dan mempunyai denyut yang lebih baik.
  • Perbanyaklah bernafas dengan sadar. Menyehatkan jantung bisa dilakukan dengan bernafas secara perlahan dan sadar untuk menyuplai oksigen lebih banyak ke jantung sehingga kerja jantung pun tidak terlalu berat. Karena ketika kita bernafas secara tidak sadar, cenderung lebih pendek dan hanya mengandung sedikit saja oksigen. Hal ini tentunya memaksa jantung untuk bekerja lebih keras untuk bisa menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Cara bernafas dengan sadar pun mudah dilakukan, yaitu dengan menarik nafas kemudian buang nafas. Tarik nafas lagi selama 5 hitungan kemudian tahan selama 2 hitungan. Dalam 3-5 hitungan, keluarkan nafas secara perlahan.
  • Konsumsi makanan dan minuman sehat. Asupan yang sangat bagus untuk kesehatan jantung adalah protein baik, antara lain karbohidrat (tidak berlebihan), protein putih, makanan kaya serat dan makanan rendah kolesterol. Anda harus waspada terhadap makanan yang mengandung tinggi kolesterol karena bisa menimbulkan pengapuran pada pembuluh darah sehingga bisa memicu serangan jantung.
  • Istirahat yang cukup. Ini adalah syarat mutlak yang harus ada untuk menjaga jantung agar tetap sehat, caranya pun mudah yaitu dengan tidur dengan nyenyak selama kurang lebih 6 jam. Tidur yang berkualitas adalah tidur malam. Kenapa tidur di siang hari tidak berkualitas? Karena bertentangan dengan jam alami tubuh kita. Jadi walaupun Anda tidur selama 6 jam pada pagi atau siang hari, itu tidak disebut sebagai tidur yang berkualitas.karena manusia mempunyai irama harian yang disebut irama sirkadian.

Tenangkan pikiran. Menyehatkan jantung bisa dilakukan dengan meringankan beban jantung, salah satunya adalah dengan menenangkan pikiran. Jika pikiran stres atau tidak tenang, jantung dan tubuh akan menjadi tegang.