Badan Gemuk Bisa Berawal dari Kesalahan di Pagi Hari

13 September 2013 | 09:24

Badan gemuk memang dipengaruhi oleh banyak faktor. Badan gemuk juga bisa disebabkan oleh kebiasaan yang salah yang dilakukan di pagi hari. Walaupun kebiasaan yang terjadi di pagi hari ini dianggap sepele tetapi membawa dampak bagi tubuh dan laji metabolisme.

Badan gemukPernahkah Anda memikirkan mengapa ada orang yang walaupun makan banyak tetap langsing sedangkan sebagian yang lain berusaha makan sedikit tetapi masih saja mudah gemuk? Perbedaannya adalah pada laju metabolisme atau yang biasa disebut dengan Basal Metabolic Rate (BMR). Jadi, semakin tinggi BMR, maka semakin cepat pula makanan dimetabolime di dalam tubuh sehingga tidak menumpuk menjadi lemak. Begitu pula ketika tidak sedang melakukan aktivitas fisik, BMR yang tinggi akan membuat tubuh tetap menjalankan metabolisme jadi tubuh tidak kelebihan kalori. Nah berikut ini kebiasaan-kebiasaan baik yang mempengaruh BMR:

  • Telat makan. Badan gemuk bisa disebabkan oleh telat makan atau sarapan. Karena dengan melewatkan sarapan, Anda memperlambat laju metabolism tubuh sehingga cadangan kalori menumpuk lebih banyak. Saat sedang tidak sarapan, otak akan memberikan sinyal pada tubuh untuk memperlambat BMR, fungsinya adalah agar tubuh mempunyai cadangan energy sampai siang. Sarapan yang dilakukan 1 jam setelah bangun tidur bisa memicu proses metabolisme atau yang biasa disebut dengan thermogenesis, yaitu mengubah makanan menjadi energi. ¬†Tetapi Anda juga harus menjaga asupan sarapan Anda agar gula darah stabil.
  • Tidak olahraga. Setelah berolahraga, tubuh akan tetap membakar kalori selama 24 jam. Dan dari beberapa penelitian juga disebutkan jika olahraga di pagi hari mampu membakar kalori lebih banyak daripada waktu lain. Jadi maksimalkan kesempatan ini dengan latihan kardio interval berintensitas tinggi.
  • Tidak membentuk otot. Badan gemuk artinya banyak lemak tetapi massa otot kecil. Pembentukan otot disarankan untuk dilakukan pada pagi hari. Karena dengan massa otot yang lebih besar, pembakaran kalori sepanjang hari juga akan lebih tinggi.

Jadi Ladies, jadikan olahraga dan aktivitas pagi sebagai penyemangat Anda untuk beraktivitas sepanjang hari. Karena pagi hari adalah penentu mood Anda sepanjang hari.