Badan Lelah Setelah Bangun Pagi? Ini Alasannya!

2 October 2012 | 10:15

Bangun pagi seharusnya membuat tubuh menjadi lebih fit dan lebih segar. Tetapi bagaimana jika ternyata setelah Anda bangun pagi, tubuh malah akan menjadi terasa lelah dan capai? Anda mungkin juga pernah mengalami hal ini. Tidur seharusnya bisa memulihkan energy, bukannya menyisakan efek kelelahan ketika bangun. Nah, jika hal ini terjadi apda Anda, mungkin Anda melakukan kesalahan yang bisa berpengaruh pada pola tidur dan bangun tidur. Berikut beberapa alasan kenapa Anda selalu merasa lelah ketika bangun tidur di pagi hari:

 Bangun pagi

1)  Anda melewatkan olahraga. Olahraga tidak hanya membakar kalori tetapi juga membakar energy. Jika tubuh Anda menyimpan terlalu banyak energy di dalam tubuh, maka Anda tidak akan bisa tidur dengan nyenyak di malam hari dan kadang juga akan terbangun karena gelisah. Untuk itulah, Anda harus menetapkan pola olahraga yang teratur. Olahragalah minimal tiga atau empat kali dalam seminggu untuk meningkatkan kualitas tidur dan Anda bisa bangun pagi dengan bugar dan fresh.

2)  Anda terlalu asik dengan social media sampai tidur larut malam. Berselancar di dunia maya memang terkadang membuat kita lupa waktu. Berkomunikasi dan bercanda dengan teman di facebook dan twitter bisa membuat Anda tidak sadar bahwa waktu cepat sekali berlalu dan tanpa sadar telah terlalu larut untuk pergi tidur. Kurangnya tidur di malam hari juga akan membuat badan Anda merasa kelelahan saat bangun tidur di pagi hari. Hal lain yang bisa menghambat tidur nyaman selain social media adalah computer, lampu dari ponsel, dan TV. Karena perangkat elektronik ini bisa merangsang otak untuk tetap terjaga lebih lama. Jadi sebelum tidur, matikan semua alat elektronik dan gadget setidaknya satu jam sebelum tidur dan sebagai gantinya, Anda bisa membaca buku atau melakukan beberapa peregangan sampai Anda merasa mengantuk dan tertidur.

3)  Bangun pagi yang tidak fresh juga bisa disebabkan oleh makan makanan yang terlalu pedas untuk makan malam. Makan makanan yang terlalu pedas bisa menyebabkan rasa yang tidak nyaman pada perut ketika Anda mencoba untuk berbaring setelah makan malam. Anda tidak akan bisa tidur atau tidur dengan bersendawa atau akan merasa kerongkongan terbakar. Nah, jika Anda tidak bisa tidur dan beberapa kali terbangun di tengah malam, Anda akan terbangun dengan perasaan bersalah. Untuk memperbaiki masalah ini, sebaiknya hindari makan buah jeruk, makanan pedas, saus tomat, dan makanan lain yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

4)  Minum terlalu banyak kafein. Karena selain bisa membuat Anda terjaga sepanjang malam, kafein juga akan menyebabkan mulas. Cobalah untuk berhenti minum minuman berkafein sejak siang hari atau lebih awal agar Anda tidak merasa kesulitan tidur di malam hari.

5)  Minum minuman beralkohol tepat sebelum tidur. Minum minimal beralkohol terlalu dekat dengan waktu tidur bisa membuat Anda terbangun di tengah malam untuk buang air kecil. Selain itu, alcohol juga bisa mengganggu pola tidur tubuh Anda dan juga bisa menyebabkan kondisi badan terlalu lelah untuk bangun di pagi hari.

6)  Bangun pagi dengan segar juga bisa didapat dengan mematikan dering handphone. Karena ketika Anda lupa mematikan mungkin tidur Anda akan terganggu oleh sms, telpon, notifikasi email atau media social lainnya. Untuk menyalakan handphone sebagai alarm memang tidak salah, tetapi Anda harus tetap mematikan bunyi handphone selain untuk alarm. Karena setiap suara bisa berpotensi untuk membangunkan Anda dari tidur. Semua suara yang berpotensi akan mengganggu tidur Anda di malam hari sebaiknya dimatikan sebelum tidur.

7)  Anda selalu berpikir tentang masalah-masalah tertentu, terlalu memikirkan suatu hal, baik itu urusan kantor, urusan percintaan, masalah keluarga, dan lain sebagainya bisa berpengaruh pada tidur Anda. Dengan memikirkan suatu masalah, akan membuat Anda tidak bisa tidur dengan mudah. Anda bisa menuliskan semua keluh kesah yang memenuhi pikiran Anda ke dalam sebuah buku catatan atau diary. Hal ini akan membantu Anda untuk sedikit melegakan dan membuat Anda tidur dengan tenang. Sehingga jika Anda berhasil tidur dengan tenang, Anda juga akan terbangun dengan keadaan lebih bugar.