Bagaimana Cara Mengakhiri Hubungan Secara Baik-Baik?

23 October 2012 | 01:42

Mengakhiri hubungan bukanlah sesuatu yang mudah karena kita tentunya tidak ingin menyakiti hati pria yang pernah singgah di hati bukan? Mengakhiri hubungan harus dilakukan secara baik-baik dan dengan alasan yang jujur dan tidak aneh. Tetai momen ini ternyata sulit untuk dijalankan walaupun Anda sudah yakin ingin segera memutuskan hubungan dengannya. Lalu bagaimana caranya untuk bisa mengutarakan apa maksud hati Anda tetapi tanpa menyebabkan perasaannya hancur? Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk lebih mudah memutuskan hubungan dengan kekasih:

Mengakhiri hubungan

Pertama, bersiaplah untuk menjawab semua pertanyaan yang diajukannya. Karena ketika Anda mengutarakan niat Anda untuk mengakhiri hubungan, pasti dia akan bertanya panjang lebar tentang penyebab yang membuat Anda berpikir seperti itu, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga harus siap menerima segala perubahan yang akan terjadi nantinya di masa depan. Misalnya rasa canggung apabila nanti bertemu setelah berpisah, dan lain sebagainya. Bahkan ketika mengungkapkan ingin berpisah, Anda harus terlihat jujur dan sungguh-sungguh. Jangan sampai Anda mengungkapkan alasan yang justru akan meregangkan hubungan Anda dan si dia setelah hubungan berakhir. Misalnya Anda mengungkapkan bahwa Anda membenci sifatnya yang cuek dan Anda sudah tidak tahan lagi dengan hal itu. Mungkin memang Anda jujur mengutarakannya, tetapi sebaiknya Anda memilih kata-kata yang lebih halus agar dia pun lebih introspeksi diri setelah berpisah dari Anda.

Mengakhiri hubungan secara baik-baik juga bisa dilakukan dengan cara yang kedua, yaitu tetap tenang. Anda jangan pernah mengungkapkan ingin putus ketika Anda dan dia sama-sama sedang emosi. Walaupun hal tersebut memang alasan dibalik ingin putusnya Anda dengan Anda, tetapi cobalah untuk lebih tenang. Karena pada kenyataannya, cara terbaik untuk mengungkapkan berakhirnya hubungan adalah dengan mengatakan alasan secara tegas dan tenang. Jangan sekali-kali Anda mengatakan alasannya ketika Anda sedang emosi, meledak-ledak dan bahkan berteriak keras-keras. Jika keadaannya dibalik, tentunya Anda juga tidak terima jika Anda diputuskan sambil diteriaki bukan? Jadikan pertimbangan ini untuk berlaku lebih bijak dan lebih santun.

Cara yang ketiga, jangan mengatakannya di depan umum. Karena selain membuat Anda dan pasangan menjadi tontonan yang tidak mengenakkan, Anda juga hanya akan mempermalukan kalian berdua. Jika tadinya Anda berdua sedang berada di tempat umu, sebaiknya bawa dia ke tempat yang sifatnya lebih pribadi. Jadi, hanya Anda dan dia yang bisa mendengar dan mengetahui apa saja yang sedang dibicarakan. Karena hubungan Anda tidak perlu dikonsumsi oleh public secara luas. Tetap hormati pasangan Anda walaupun Anda ingin memutuskannya.

Cara yang keempat, focus pada kegagalan. Akan sangat memilukan ketika Anda ingin memutuskannya tetapi Anda malah mengungkit betapa indahnya hubungan kalian dulu atau malah berharap bisa memperbaiki hubungan ke depannya. Hal ini justru akan memberikan harapan palsu yang sebenarnya tidak perlu. Untuk itulah, Anda harus bisa focus pada hal-hal yang tidak sehat di hubungan Anda berdua.

Mengakhiri hubungan juga bisa dilakukan dengan cara yang kelima, yaitu bersikap sopan. Sebelum dan ketika Anda sedang berbicara untuk memutuskannya, pastikan Anda bersikap sopan dan tidak arogan. Walaupun ada kemungkinan dia akan menjadi emosi dan berteriak, tetaplah tenang dan berkepala dingin. Ingatlah untuk selalu bersikap dewasa dan sopan kepadanya.

Cara yang keenam, hati-hati memilih kata. Hindari penggunaan kata yang kejam walaupun mungkin Anda sudah sangat marah dengan sikapnya. Yang perlu Anda katakana hanyalah alasan sejujurnya tentang apa yang membuat Anda ingin memutuskannya.

Cara yang ketujuh, secara langsung. Jangan sampai Anda mengatakan ingin putus melalui sms, chat atau telpon. Putuskan dengan cara bertatap muka secara langsung. Hal ini akan membuat hubungan Anda dan dia berangsur membaik karena dia akan lebih menghargai keputusan yang Anda buat.