Bagaimana Cara Merawat Sepatu Kulit?

7 September 2012 | 10:07

Sepatu kulit terkadan menjadi idaman ketika melihatnya di department store, tetapi bisa juga menjadi momok jika tidak bisa merawatnya. Sepatu kulit adalah salah satu jenis aksesoris yang tergolong sangat sulit dibersihkan dan dirawat. Bukan hanya sepatu, tetapi terkadang tas yang terbuat dari kulit juga sama susahnya dalam hal membersihkan dan menyimpan. Hal ini tentu saja menjadi faktor penentu ketika Anda akan ingin membeli sepatu dan tas. Tetapi sekarang Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips yang bisa membantu Anda untuk menyimpan tas dan sepatu Anda yang terbuat dari kulit.

Sepatu kulit

Ketika Anda melihat strappy heels kesayangan Anda yang terbuat dari kulit imitasi tergeletak dengan kondisi permukaannya pecah-pecah dan mulai mengelupas, tentu akan membuat Anda merasa sedih. Terlebih lagi bila strappy heels tersebut jarang Anda pakai dan hanya Anda simpan di dalam kotak.

Sepatu kulit imitasi atau asli memang membutuhkan perawatan khusus serta membutuhkan kondisi penyimpanan yang khusus agar kondisinya tetap terjaga. Karena jika tidak, sepatu kulit Anda akan mudah berjamur, menjadi kering dan akhirnya permukaannya mengelupas. Anda tidak mau kan jika barang kesayangan Anda menjadi rusak dan tidak terlihat cantik karena salah dalam perawatan? Untuk perawatan barang-barang yang berasal dari kulit baik asli maupun imitasi, Anda perlu melakukan beberapa tips berikut:

1)       Hindari sepatu sandal yang terbuat dari kulit terendam dalam air untuk waktu yang lama. Jika terpaksa kehujanan, segera basuh dengan air bersih dan keringkan segera.

2)       Jangan mencuci sepatu kulit Anda. Untuk membersihkan, cukup usap dengan lap basah. Jika memang harus menggunakan sabun, ganti sabun dengan menggunakan shampoo yang lembut. Caranya dengan member sedikit shampoo di lap basah kemudian usapkan pada sepatu. Kemudian usap lagi dengan lap basah yang bersih sampai tidak ada lagi sisa shampoo.

3)       Bersihkan sepatu kulit dengan baby oil secara berkala. Baby oil berfungsi untuk melenturkan kulit sepatu dan juga sangat ampuh untuk mengangkat noda yang membandel.

4)       Simpan sepatu kulit Anda di dalam kotak bersih yang sedikit berlubang untuk sirkulasi udara. Jangan lupa untuk menambahkan silica gel yang berfungsi untuk menyerap kelembaban yang nantinya bisa menimbulkan jamur.

5)       Hindari menyimpan sepatu di tempat yang terkena sinar matahri langsung. Hal ini untuk mencegah sepatu agar tidak kering. Selain itu, hindari juga untuk menyimpan sepatu di tempat-tempat lembab agar sepatu Anda tidak berjamur.

6)       Simpan sepatu selalu dalam kondisi bersih dan kering. Hal ini dikarenakan kotoran yang menempel dari luar rumah bisa menumbuhkan jamur dan kuman. Terlebih jika Andan menyimpan sepatu di tempat yang basah.

7)       Jika kaki Anda berkeringat, usahakan untuk selalu mengangin-anginkan sepatu setelah dipakai. Karena walaupun sedikit, keringat yang mengendap di sepatu kulit Anda bisa menimbulkan bau yang tidak sedap.

Sepatu kulit yang sudah Anda beli dengan harga yang tidak murah sebaiknya juga dirawat dengan baik. Anda tidak boleh begitu saja menyimpan sepatu sembarangan hanya dengan alas an malas membersihkannya. Terutama jika Anda mempunyai sepatu kulit lebih dari satu, Anda harus tetap merawatnya dengan sebaik-baiknya. Anda tidak boleh lalai meninggalkan sepatu-sepatu tersebut tanpa perawatan maksimal. Jika Anda merasa tidak sanggup untuk merawat semua sepatu kulit, sebaiknya Anda memilih sepatu yang terbuat dari bahan lain yang memungkinkan Anda untuk merawatnya agar lebih mudah. Karena jika tidak, yang akan rugi adalah diri sendiri karena tidak bisa merawatnya dengan baik.