Bagaimana Cara Tepat Menempatkan Kulkas Sebagai Tempat Penyimpanan Makanan?

3 April 2013 | 09:46

Menyimpan makanan di kulkas sudah menjadi kebiasaan masyarakat. Menyimpan makanan di kulkas dirasa lebih aman dan efisien karena semua makanan dianggap bisa masuk dan bisa disimpan lebih lama. Tetapi tahukah Anda bahwa ternyata menyimpan makanan di dalam kulkas pun tidak boleh sembarangan? Karena jika Anda salah menyimpan, maka makanan yang Anda simpan bisa terkontaminasi oleh jenis makanan yang lain atau bahkan bisa rusak. Nah untuk menghindari kemungkinan tersebut, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal dan tips sehingga makanan yang Anda simpan di dalam kulkas tetap layak untuk dikonsumsi dan tetap terjaga kualitasnya. Perhatikan beberapa tips berikut ini:

Menyimpan makanan

  • Pastikan bahwa Anda sudah melakukan setting terhadap suhu freezer yaitu sekitar 5 derajat celcius. Mengapa? Karena pada suhu ini, bahan makanan yang disimpan akan lebih awet. Hal ini disebabkan penyebaran bakteri bisa dicegah di dalam suhu ini. Jika Anda ingin menyimpan daging, suhu ini juga yang paling cocok karena suhu ini bisa membuat daging lebih awet dan usia pakainya juga bisa lebih panjang.
  • Jangan malas untuk membersihkan freezer secara rutin. Menyimpan makanan di dalam kulkas membutuhkan tempat yang bersih dan terlindung dari bakteri. Jadi dengan freezer yang bersih, maka makanan yang Anda simpan di dalamnya juga akan terhindar dari bakteri jahat dan aroma busuk. Untuk membersihkan bagian yang terkena noda, Anda bisa menggunakan baking soda.
  • Perhatikan jug arak di bawah freezer. Rak ini merupakan rak paling dingin kedua setelah freezer. Jadi, ada jenis makanan tertentu yang memang cocok untuk disimpan di tempat ini, antara lain ikan, susu, dan bahan lain yang membutuhkan suhu dingin. Jadi bahan makanan ini tidak akan cepat basi dan tahan lebih lama.
  • Bagian paling hangat di dalam kulkas adalah rak di bagian pintu. Hal ini dikarenakan rak tersebut akan langsung bersentuhan dengan udara yang lebih hangat jika dibuka. Ada beberapa bahan makanan yang cocok disimpan di sini, antara lain minuman, bumbu kering, permen dan telur.
  • Menyimpan makanan di dalam kulkas juga harus memperhatikan tingkat kematangan makanan tertentu, misalnya untuk buah dan sayur. Buah dan sayur mempunyai tingkat kematangan dan kelembaban yang berbeda-beda. Jadi untuk menghindari ada buah dan sayur yang busuk, sebaiknya Anda pisahkan antara buah dan sayur. Selain itu, buah bersifat mengeluarkan asam yang bisa membuat sayur akan menjadi lebih cepat matang. Jadi untuk menghindari agar sayur tidak mudah busuk, pisahkan sayur dari buah-buahan.
  • Perhatikan kebersihan kulkas setiap harinya. Sebelum Anda menyimpan bahan makanan di kulkas, sebaiknya Anda mencucinya terlebih dahulu. Untuk bahan makanan yang beraroma tajam, sebaiknya simpan di dalam wadah tertutup dan kedap udara.