Bagaimana Ibu Bekerja Mengurangi Rasa Jenuh dan Stres?

21 November 2013 | 09:02

Stress pada Ibu bekerja sepertinya memang sulit sekali untuk dihindari. Stress pada Ibu bekerja atau perasaan bersalah pada buah hati sering menjangkiti working mom. Berkarir memang merupakan sebuah piliha, jadi jangan beratkan hati dan pikiran Anda ketika menjalankan pilihan tersebut. Kewajiban yang harus Anda penuhi di kantor memang berat, terlebih dengan kewajiban Anda sebagai Ibu di rumah dan perasaan bersalah karena meninggalkan buah hati. Tidak jarang yang tertekan dengan situasi ini.

Stress pada Ibu bekerjaJika sudah begini, maka Anda harus bisa menghadapinya dengan baik:

  • Cobalah untuk berbagi tugas dengan suami. Stress pada Ibu bekerja akan berkurang jika suami juga ikut membantu pekerjaan rumah. Anda berdua harus bisa kompak dalam mengasuh anak dan menjadi pasangan suami-istri. Karena dengan begitu, Anda akan merasa beban yang Anda pikul lebih ringan. Karena Anda berdua adalah partner.
  • Atur jadwal agar sefleksibel mungkin. Jika Anda memang sudah merasa mentok dan sangat stress, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan teman kantor atau karyawan lain untuk mengatur ulang jadwal Anda. dengan begitu, pekerjaan kantor akan lebih efektif ikerjakan pada hari kerja dan Anda bisa menikmati liburan di weekend tanpa terganggu oleh pekerjaan. Jadi ketika Anda sudah sampai di kantor, pastikan Anda mengerjakan semua pekerjaan dengan baik, ketika di rumah pun Anda harus menikmati waktu bersama keluarga tanpa terbebani masalah pekerjaan lagi.
  • Mulai berpikir secara logis. Manusia memang selalu memikirkan apa yang tidak dimilikinya. Misalnya ketika seharian di kantor, maka Anda akan berharap bisa berada di rumah. Pun sebaliknya, ketika Anda sudah seharian di rumah, Anda juga akan kepikiran untuk ke kantor. Mulai sekarang, cobalah untuk berpikir logis. Setidaknya dengan berpikir secara logis, seberat apapun menjadi working mom akan tetap membuat Anda rileks dan tidak lagi merasa bersalah terhadap buah hati dan suami.
  • Coba untuk mengurangi rasa khawatir Anda. Stress pada Ibu bekerja bisa terpicu dengan mudah oleh rasa khawatir yang berlebihan. Working mom akan mencemaskan banyak hal tentang buah hatinya, mulai perkembangannya sampai takut sang anak kekurangan kasih sayang. Tetapi sekarang sebaiknya Anda mengurangi kekhawatiran Anda tersebut. Karena sebuah penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 6000 anak yang berda pada daycare atau penitipan anak ketika Ibunya bekerja mampu untuk bersosialisasi dan mengalami perkembangan motoric. Jadi, jangan terlalu kuatir, Bunda.

Mulai sekarang, awali hari dengan bahagia dan penuh syukur. Baik untuk keberuntungan yang Anda dapatkan maupun untuk semua hal yang Anda jalankan. Dengan begitu, hidup akan terasa semakin baik dan indah.