Bagaimana Menyikapi Ide yang Dicuri Rekan kerja?

19 April 2013 | 08:59

Pencurian ide memang merupakan salah satu hal yang bisa terjadi di lingkungan kerja. Pencurian ide ini pastinya membuat kita merasa sangat kesal, apalagi jika yang mengambil ide tersebut adalah rekan kerja kita sendiri. Tetapi daripada berlama-lama jengkel, sebaiknya kita mengambil sisi positif dari kejadian ini saja. Tetaplah mempunyai ide-ide cemerlang dan hindari masalah yang ada karena bisa merusak reputasi Anda. Berikut ini beberapa hal yang seharusnya Anda lakukan jika ada rekan kerja yang mengambil ide Anda dan mengakui bahwa itu adalah pemikiran pribadinya:

Pencurian ide

  • Sabar. Biarkan saja dia melontarkan ide yang dicuri dari Anda sebagai hasil pemikirannya senduri. Anda harus bisa bersabar karena lama-kelamaan perbuatan seperti itu juga akan ketahuan juga. Karena seseorang yang mencuri ide Anda suatu saat nanti tidak bisa membuat ide seperti itu lagi atau secara berkelanjutan. Untuk itulah, anda harus bisa membuktikan bahwa ide-ide yang keluar dari pemikiran Anda adalah orisinil dan memang Anda lah yang berkompeten.
  • Bangga. Pencurian ide mana bisa membuat kita bangga? Mungkin Anda akan beranggapan seperti itu. Tetapi ambil saja sisi positifnya. Dengan adanya pihak yang mengambil ide Anda, itu artinya ide Anda memang berkualitas dan unik. Artinya, Anda lebih baik daripada mereka yang mencurinya. Banggalah pada diri sendiri dan tetap berkarya serta menciptakan ide-ide lain yang brilliant.
  • Tetap berteman. Walaupun rekan Anda sudah mencuri ide kreatif Anda, sebaiknya Anda tidak langsung memusuhinya. Tetaplah berusaha untuk berteman seperti biasa, walaupun awalnya pasti sulit. Karena dengan tetap menjalin pertemanan dengannya, secara tidak langsung Anda membuatnya merasa malu dan sungkan terhadap Anda karena ternyata Anda masih baik walaupun ide Anda telah dia curi. Kalaupun sudah tidak bisa sedekat dahulu, cobalah untuk tetap berteman, bukan bermusuhan. Ciptakan persaingan yang sehat agar si dia juga merasa bahwa perbuatannya salah dan tidak boleh diulang kembali.
  • Tetaplah bekerjasama. Pencurian ide di kantor sudah bukan hal yang aneh dan asing lagi. Bagi dua orang yang sering bekerja sama, hal ini kerap kali terjadi. Jika kasusnya ide anda dicuri oleh rekan satu tim, sebaiknya Anda tidak lantas memutuskan kerjasama dengannya. Tetaplah bekerjasama secara professional.

Menjalin kembali hubungan baik dengan orang yang sudah mencuri ide kita memang bukanlah hal yang mudah. Tetapi tetap saja, tidak aka nada gunanya jika Anda memusuhinya dan menggunjingkannya. Karena hal ini justru akan membuat suasana kantor semakin panas dan tidak nyaman. Berperanlah sebagai sosok tegar dan professional. Dengan begitu, orang-orang kantor serta atasan Anda juga akan memandang Anda secara lebih baik daripada rekan yang mencuri ide Anda tersebut.