Bagaimana Tanda-Tanda Sang Buah Hati Mulai Lapar?

15 April 2013 | 09:38

Tanda bayi lapar terkadang masih sulit untuk dikenali, terutama bagi mereka yang masih belum mempunyai pengalaman melahirkan sebelumnya. Tanda bayi lapar memang masih sulit untuk diketahui karena bayi masih belum bisa untuk berkomunikasi menggunakan kata-kata. Dia hanya bisa berkomunikasi dengan menggunakan tangisan untuk menyampaikan maksudnya. Nah, bagi Ibu muda, tangisan bayi biasanya membuat mereka merasa bingung dan tidak tahu harus berbuat apa.

Tanda bayi lapar

Bahkan masih banyak dari Ibu-Ibu muda yang merasa bingung menentukan kapan sang bayi merasa lapar. Padahal tangisan bayi itu tidak selalu bermakna lapar atau ingin buang air saja. Ada alasan lain mengapa mereka menangis, misalnya kepanasan, ingin dipeluk, merasa tidak nyaman dengan kondisi di sekitarnya dan di tubuhnya sendiri, atau lain sebagainya. Nah, agar Anda tidak salah menangkap sinyal yang diberikan sang buah hati ketika mereka lapar, maka Anda juga harus mulai mempelajari tanda-tanda dia merasa haus dan lapar. Ini dia beberapa tanda bahwa buah hati Anda merasa haus dan lapar, antara lain:

  • Tidurnya mulai gelisah. Inilah tanda pertama bahwa si dia memang sedang merasa lapar. Perhatikan apabila si kecil mulai sering meregangkan tubuh dan semakin banyak bergerak, itu artinya dia sedang merasa haus dan lapar.
  • Nafasnya menjadi tidak teratur dan pendek-pendek. Ini merupakan hasil dari si dia yang terlalu banyak bergerak. Jika dia sudah mulai seperti ini, jangan ragu untuk segera menyusuinya.
  • Tanda bayi lapar yang berikutnya adalah tanda yang paling mudah untuk diketahui, yaitu sang buah hati akan semakin sering membuka mulutnya. Ketika Anda melihatnya, Anda pasti akan langsung mengetahui bahwa dia ingin makan. Selain membuka-buka mulutnya, dia juga akan sering memasukkan tangan ke dalam mulutnya dan menjilat-jilat.
  • Nah, untuk bisa memastikan apakah sang buah hati memang lapar atau tidak, Anda bisa menyentuh bibirnya. Perhatikan jika dia langsung membuka mulutnya saat bibirnya disentuh, maka itu artinya dia benar-benar sedang lapar.
  • Ketika sedang lapar, sang buah hati akan sering menunjukkan gerakan-gerakan menghisap dengan lidah dan mulutnya.
  • Sang buah hati Anda akan sering memutar-mutar kepalanya ke segala arah dan lebih gelisah karena mencari payudara Anda.
  • Perhatikan frekuensi tangisannya. Tanda bayi lapar yang satu ini adalah frekuensi suara tangisan yang lebih sering dan diikuti dengan pergerakan kedipan mata yang lebih cepat dan sering (rapid eye movement).
  • Koneksi antara Ibu dan bayi pasti akan terasa. Karena ketika sang buah hati menangis karena lapar, maka sang Ibu juga bisa merasakannya. Tanda yang dialami sang Ibu seringkali adalah kondisi dimana payudara sang Ibu menjadi penuh ASI. Inilah tanda alami bahwa si kecil ingin segera menyusu karena sudah lapar.