Beragam Manfaat Seks untuk Kesehatan Perempuan

8 March 2013 | 04:27

Manfaat seks memang sering diungkapkan di beberapa artikel tetapi masih banyak yang tidak menyadari atau masih banyak yang tak menghiraukannya. Manfaat seks untuk kesehatan tidak hanya tentang kepuasan biologis yang didapat untuk mendapat keturunan saja. Jika dilakukan secara rutin, berikut ini beberapa manfaat seks untuk para perempuan:

Manfaat seks

  • Jantung sehat. Pasangan yang melakukan hubungan seks rata-rata 12 kali dalam satu bulan mempunyai heart rate variability (HRV) yang lebih baik. HRV adalah ukuran seberapa baik jantung bisa merespon perubahan detak sesuai dengan posisi yang dilakukan oleh manusia sepanjang hari (detak jantung ketika sedang duduk dan berdiri akan berbeda). Dan faktanya, lebih tinggi HRV maka akan semakin baik karena bisa menurunkan resiko penyakit jantung.
  • Terlihat 7 tahun lebih muda. Manfaat seks jika dilakukan minimal 3 kali seminggu adalah bisa membuat wajah Anda terlihat 7 tahun lebih muda. Fakta ini sudah diteliti oleh Royal Edinburgh Hospital di Skotlandia. Di dalam penelitian ini menyebutkan bahwa perempuan dengan usia 40 tahun yang melakukan hubungan seks 50% lebih sering, akan terlihat 7-13 lebih muda dari usia yang sebenarnya. Hal ini dikarenakan terjadinya pelepasan hormon DHEA ketika sedang berhubungan seks bisa memancarkan aura muda pada wajah. DHEA sendiri diproduksi oleh kelenjar ginjal dan mempunyai kandungan agen antiaging yang mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga bisa mengurangi kerutan pada wajah.
  • Tidur lebih nyenyak. Karena setelah berhubungan seks, hormon oksitosin di dalam tubuh akan terus meningkat. Oksitosin adalah hormon pereda stress dan tanpa stress, jadi Anda akan mudah tertidur dan merasa lebih rileks. Bahkan ada sebuah studi yang mengatakan bahwa perempuan di usia 42-52 tahun yang sering merasa gelisah pada malam hari cenderung lebih jarang melakukan hubungan seks.
  • Lebih tahan serangan flu. Manfaat seks untuk kesehatan yang satu ini bisa didapatkan jika melakukan hubungan seks 1 atau 2 kali dalam satu minggu. Karena jika berhubungan seks lebih sering, maka daya tahan tubuh juga akan meningkat. Ketika seseorang sedang bercinta, level immunoglobulin A akan meningkat sampai 30%. Immunoglobulin A ini adalah antibody yang mempunyai fungsi untuk melawan infeksi pada tubuh.
  • Harapan hidup lebih tinggi. Karena kehidupan seks yang sehat bisa menambah harapan hidup 4 tahun lebih lama. Hal ini terjadi karena kenangan indah tentang berhubungan intim antara perempuan dengan pasangan yang dicintainya akan membuat hidupnya sehat dan bahagia.