Berat Badan Anak juga Bisa Dikendalikan, Bunda…

19 February 2013 | 09:22

Berat badan anak terkadang diindikasikan sebagai bentuk lain dari kesehatan sang anak tersebut. Berat badan anak memang membawa akibat tertentu pada anak. Misalnya untuk anak bertubuh gemuk, sekarang masyarakat sudah bisa menilai mana yang gemuk normal sehat dan mana yang gemuk karena obesitas. Jadi, gemuk itu tidak lagi identic dengan gaya unyu-unyu atau lucu lagi. Jika seorang anak mengalami obesitas, maka akan membawa pengaruh negative pada kesehatannya.

Berat badan anak

Anda sebagai orang tua tidak boleh membiarkan anak Anda terkena obesitas. Anda harus berhati-hati dalam memberikan asupan makanan dan minuman pada anak Anda. Control sang Ibu sangat utama untuk mendorong anak supaya lebih berlaku hidup sehat. Perilaku atau kebiasaan di dalam keluarga juga sangat berpengaruh pada pola makan sang anak. Tubuh gemuk sang anak tentunya ditentukan oleh pola makan. Jenis makanan yang anda berikan pada anak Anda harus yang mengandung banyak nutrisi dan memberikannya secara tepat waktu. Lalu, bagaimana cara yang pas untuk mengatur pola makan pada anak?

  • Siapkan menu makanan sehat. Berat badan anak bisa diatur dan dikelola dengan kepiawaian Anda yang selalu bisa menyiapkan menu makanan sehat. Anak-anak membutuhkan menu makanan sehat dan seimbang untuk memaksimalkan proses tumbuh kembangnya. Untuk makanan olahan dan juga makanan yang mengandung garam dan lemak, sebaiknya dikurangi agar anak tidak terbiasa mengkonsumsi makanan tersebut. Selain itu, walaupun Anda menyajikan makanan dengan menu sehat dan seimbang, Anda juga sebaiknya mengontrol ukuran porsi yang pas untuk anak Anda. Jangan sampai kekurangan atau bahkan berlebihan.
  • Camilan sehat. Bunda, anak-anak juga membutuhkan camilan sehat secara teratur. Anda bisa memberinya camilan antara waktu sarapan dan makan siang dan juga disela makan siang dan makan malam. Untuk jenisnya sendiri, Anda bisa berkreasi asalkan masih tergolong sehat dan bergizi bisa Anda berikan untuk anak Anda. Misalnya susu, buah, pudding dan jus.
  • Konsumsilah makanan yang sehat bersama dengan keluarga. Berat badan anak juga bisa dikontrol dengan makanan sehat yang disajikan untuk seluruh keluarga. Artinya, Anda menyediakan makanan sehat tersebut bukan hanya dikhususkan untuk sang buah hati tetapi juga untuk seluruh keluarga. Jadi, buah hati Anda akan terbiasa dan tidak protes karena semua anggota keluarga mengkonsumsi makanan yang sama.
  • Biarkan dia memulai olahraga. Jika anak sudah mulai mempunyai aktivitas di luar rumah, jangan langsung melarangnya. Aktivitas di luar rumah justru bisa membuat tubuhnya selalu sehat karena keringat yang dihasilkan selama beraktivitas itulah yang akan membuat berat badannya tetap stabil dan sehat. Jadi, pastikan buah hati Anda bergerak dan berolahraga cukup setiap hari.