Bingung Bagaimana Menentukan Tempat Pesta Pernikahan?

25 March 2013 | 09:15

Tempat pesta pernikahan adalah salah satu hal paling vital yang harus dipikirkan dengan matang dan jauh-jauh hari. Karena tempat pesta pernikahan yang Anda pilih tidak boleh bentrok dengan anggaran Anda, tema pernikahan, dan jumlah tamu undangan yang hadir. Karena jika semua syarat untuk sebuah lokasi tidak terpenuhi, maka pesta pernikahan Anda tidak pas dan ideal. Nah, daripada pusing untuk menentukan mana lokasi yang cocok untuk pesta Anda, simak tips berikut ini:

Tempat pesta pernikahan

  • Tema pernikahan yang akan Anda usung. Hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah tema dan konsep pernikahan Anda, apakah bergaya modern atau tradisional. Menyewa gedung akan menjadi pilihan yang tepat jika pesta pernikahan Anda berlangsung pada musim hujan. Tetapi sebaliknya, jika pesta pernikahan Anda berlangsung pada musim kemarau, Anda bisa mengadakan pesta kebun dengan lokasi outdoor yang nyaman dan sesuai dengan selera Anda. Sebelum memutuskan untuk memilih mana yang lebih pas, ada baiknya Anda melakukan survey beberapa lokasi untuk menemukan mana yang paling cocok.
  • Anggaran pernikahan. Tempat pesta pernikahan yang Anda pilih harus Anda sesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki. Karena dengan mengetahui anggaran yang Anda miliki, maka Anda juga akan lebih realistis dalam memilih lokasi yang tepat untuk pesta pernikahan Anda. Jangan pernah menyewa lokasi yang harganya berada di atas anggaran yang sudah ditentukan. Anda harus bijak dan disiplin dalam menentukan dan merancang anggaran.
  • Jumlah tamu undangan. Pastikan tempat pernikahan yang Anda pilih mampu mengakomodir kenyamanan para tamu undangan. Untuk itulah, sebaiknya Anda memilih tempat pernikahan yang sesuai dengan kapasitas atau jumlah tamu undangan. Dengan begitu, tamu tidak akan berdesak-desakan di pesta Anda.
  • Mencari referensi. Beberapa bulan sebelum hari pernikahan, Anda harus sudah mencari referensi lokasi pernikahan, bisa dari website, majalah atau rekomendasi kenalan. Karena semakin banyak waktu yang Anda miliki maka akan semakin matang juga Anda mempersiapkan dan memilih mana yang paling cocok untuk Anda. Masing-masing lokasi juga bisa Anda bandingkan kelebihan dan kekurangannya.
  • Mempersiapkan pertanyaan untuk vendor. Tempat pesta pernikahan biasanya menyediakan jasa paket pernikahan, meliputi catering, dekorasi dan juga hiburan. Nah jika Anda survey, jangan ragu untuk menanyakan tentang paket pernikahan yang tersedia, meliputi apa saja dan harganya berapa. Hal ini akan memudahkan Anda untuk memutuskan apakah vendor ini bisa Anda pilih atau tidak.
  • Perhatikan lahan parkir. Demi lancarnya acara pernikahan Anda, perhatikan lahan parkir dengan seksama. Pastikan lahan parkir yang ada di gedung yang Anda pilih cukup untuk jumlah tamu yang Anda undang.
  • Lokasi yang strategis. Sebaiknya Anda memilih lokasi pernikahan yang bebas macet dan strategis agar memudahkan para tamu untuk menemukan lokasi pernikahan Anda. Jangan lupa untuk memberikan peta yang praktis dan jelas sebagai panduan.
  • Survey langsung. Tidak hanya Anda yang harus melakukan survey, tetapi pasangan Anda juga harus melihat calon lokasi pernikahan Anda berdua. Jadi, Anda bisa berdiskusi dengannya mana yang sebaiknya dipilih dan mana yang tidak.