Bisakah Gula Diganti dengan Bahan Lain?

3 April 2013 | 09:45

Pengganti gula ternyata bisa ditemukan dengan mudah di sekitar kita. Pengganti gula saat memasak bisa membantu kita untuk mengurangi konsumsi gula secara berlebihan. Kegemukan dan resiko diabetes menjadi hal yang paling menakutkan yang ingin dihindari oleh semua orang. Karena itulah banyak yang mulai mencari alternative lain sebagai pengganti konsumsi gula untuk masakan. Penasaran? Intip yuk alternatif yang bisa Anda gunakan.

Pengganti gula

  • Parutan wortel. Anda pasti tidak menyangka parutan wortel bisa menjadi pengganti gula untuk masakan. Wortel mempunyai rasa manis alami yang menyehatkan untuk tubuh. Misalnya Anda sedang memasak saus asam manis atau saus pasta, tidak ada salahnya Anda menambahkan lebih banyak parutan wortel ke dalam makanan Anda. Dan jenis masakan yang lain juga bisa Anda tambahkan parutan wortel ini untuk menghindari penggunaan gula terlalu banyak.
  • Susu organik atau krim. Pengganti gula yang satu mungkin juga terdengar aneh. Tapi sadarkah Anda bahwa banyak dari kita yang menambahkan susu krim untuk mengurangi rasa pahit di dalam kopi? Hal ini karena susu atau krim sudah mengandung pemanis alami tetapi tidak terlalu tajam. Jika Anda ingin membuktikannya, Anda bisa mulai menambahkannya pada masakan Anda.
  • Bawang Bombay. Jenis bawang yang satu ini mempunyai khasiat pemanis alami. Nah, cara sederhana untuk memunculkan kandungan gula alami di dalamnya adalah dengan memasak bawang Bombay di atas api kecil.
  • Jus jeruk segar. Tahukah Anda bahwa perasan air jeruk ternyata mempunyai rasa manis alami yang bisa dijadikan sebagai pengganti gula? Jika biasanya Anda hanya menggunakannya untuk membuat salad, maka sekarang Anda bisa menambahkannya untuk masakan yang lain. Kandungan yang ada di dalam jus jeruk juga sangat bermanfaat bagi tubuh, yaitu pemanis alami serta vitamin C. jadi, Anda tidak perlu takut lagi terhadap resiko penyakit-penyakit yang disebabkan oleh menurunnya imun tubuh.
  • Saus apel. Apel bisa menghasilkan rasa manis legit yang alami dan nikmat. Saus apel sangat cocok jika Anda ingin memasak pancake atau kue lain yang biasanya Anda taburi gula atau saus gula. Sekarang, Anda bisa mengganti saus atau taburan gula dengan saus apel yang lebih aman dan menyehatkan.
  • Madu. Pengganti gula yang satu ini memang sudah terkenal sejak lama tentang khasiat dan rasa manis alami yang terkandung di dalamnya. Untuk mendapatkan rasa manis alami dan menyehatkan, Anda bisa menambahkannya pada makanan dan minuman Anda.

Rasa manis memang sangat sulit untuk dihindari. Sehari-hari kita selalu ingin mengkonsumsi minuman atau makanan manis, padahal belum tentu sehat. Nah, agar bisa mendapatkan nikmatnya rasa manis, anda bisa mencoba alternatif di atas untuk mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat.