Butuh Pendorong Performa Olahraga? Konsumsi Asupan Berikut!

1 November 2012 | 02:59

Performa olahraga bisa ditingkatkan dengan makanan dan minuman tertentu. Performa olahraga yang meningkat tentunya akan mampu memaksimalkan manfaat olahraga itu sendiri. Jika performanya meningkat, maka selain bisa memaksimalkan manfaat juga bisa meminimalkan berbagai macam resiko yang mucnul saat sedang melakukan aktivitas fisik ini. Nah jika Anda ingin meningkatkan performa Anda dan juga mendukung program diet Anda, berikut beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa Anda konsumsi.

Performa olahraga

Pertama adalah kopi. Tahukah Anda bahwa banyak sekali para pelari yang suka mengkonsumsi kopi karena kopi bisa menambah stamina? Ya, hal ini juga sudah dibuktikan oleh para peneliti yang menunjukkan bahwa kafein yang ada pada kopi bisa meningkatkan ketahanan stamina dan fisik. Nah karena minum kopi akhirnya olahraga lari jarak jauh pun akan terasa lebih ringan setelah mengkonsumsi kopi. Setengah jam sebelum mulai berolahraga, Anda bisa meminum kopi dingin atau hangat. Tetapi jika Anda mempunyai masalah pada pencernaan, coba konsumsi kopi satu jam sebelum olahraga. Selain kopis, teh hijau juga mempunyai manfaat yang sama dengan kopi. Anda bisa menambahkan susu tapi jangan menambahkan gula karena gula bisa menghilangkan manfaat kafein yang terkandung di dalam kopi dan teh.

Performa olahraga juga bisa dilakukan dengan asupan yang kedua yaitu jahe. Jahe bisa menjadi pereda sakit otot yang biasa terjadi setelah melakukan olahraga. Sebuah studi menyebutkan bahwa konsumsi setengah sendok teh tanaman herbal atau akar-akaran sehari setelah berolahraga bisa menurunkan rasa nyeri otot sebesar 25%. Jadi, jahe selain untuk menghangatkan tubuh ternyata juga bisa Anda jadikan sebagai obat penghilang rasa sakit karena menagndung shogaol, gingerol dan juga zingerone. Jadi, tidak salahkan jika masyarakatIndonesia sangat menyukai minuman berbahan dasar jahe? Karena khasiatnya memang sudah terbukti.

Ketiga, apel. Apel mempunyai kandungan kersetin yaitu salah satu zat aktif flavonoid. Kandungan ini bisa meningkatkan metabolism energy yang bisa berpengaruh pada ketahanan tubuh. Bahkan suplemen yang mengandung kersetin bisa membantu pesepeda pemula meningkatkan performanya sampai dengan 13% lebih tinggi. Tetapi untuk mendapatkan dosis suplemen tersebut, Anda harus mengkonsumsi satu ton apel. Tentu saja kita tidak menganjurkan Anda untuk menyiksa diri. Yang Anda perlu hanya dengan mengkonsumsi apel secara rutin sebagai cemilan. Kebiasaan ini akan membantu Anda untuk meningkatkan performa dalam olahraga.

Performa olahraga juga bisa ditingkatkan dengan asupan yang keempat, yaitu jus tomat. Kandungan antioksidan yang ada di dalam tomat bisa membuat tubuh menjadi bugar kembali dan juga siap untuk bersepeda pada keesokan harinya. Selain itu, tomat juga bisa mengurangi resiko yang ditimbulkan oleh radikan bebas.

Kelima, sayuran hijau. Kerusakan otot bisa diatasi dengan ampuh oleh salad. Hal ini disebabkan oleh kandungan nutrisi yang terkandung di dalam sayuran hijau (yaitu vitamin E dan beta karoten) sangat baik untuk otot dan juga bisa membantu untuk mempercepat pemulihan otot.

Keenam, kismis. Buah kering ini banyak mengandung karbohidrat yang bisa memberikan asupan energy untuk tubuh. Sebaiknya Anda mengkonsumsi kismis satu jam sebelum olahraga agar bisa mendapatkan manfaat dari buah ini.

Ketujuh, jus cherry. Jus buah cherry bisa mengurangi peradangan otot yang seringkali terjadi setelah atau saat sedang berolahraga. Peradangan ini kemudian bisa menjadi pembengkakan dan menimbulkan rasa sakit. Karena buah cherry mengandung polyphenol seperti anthocyanins dan flavonoid yang bisa mengurangi peradangan.