Cara Berjabat Tangan yang Hangat

11 October 2012 | 09:59

Berjabat tangan bisa membuat orang lain mengenal pribadi Anda lebih jauh. Berjabat tangan juga bisa Anda lakukan untuk membuat orang yang baru pertama kali Anda temui langsung menyukai Anda. Menurut penelitian yang dilakukan, hampir semua orang menyukai jabat tangan dengan cara yang mengalir dan lembut. Banyak yang beranggapan bahwa dengan berjabatan lembut menunjukkan bahwa Anda sedang dalam kondisi bahagia dan mereka yang menjabat tangan Anda juga merasa lebih bahagia. Selain itu, jabat tangan dengan lembut juga bisa membuat seseorang merasa lebih dekat secara psikologis dengan orang yang menjabat tangannya. Karena disambut dengan terbuka, ramah dan hangat melalui jabat tangan yang bersahabat.

Berjabat tangan

Jabat tangan yang lembut dan ringan berhubungan dengan adanya kebahagiaan dalam diri seseorang. Yang pada akhirnya semangat dan juga kegembiraan diri ini akan terpancar dan mengalir melalui jabat tangan. Gan hal inilah yang membuat Anda berdua bisa merasa bahagia dan nyaman, walaupun Anda berdua baru satu kali bertemu. Nah, untuk mendapatkan kesan positif tersebut, cobalah jabat tangan kenalan baru Anda dengan menggerakkan tangan Anda ke atas dan bawah dalam gerakan yang mengalir lembut dan lambat. Hasilnya akan maksimal jika Anda melakukannya dengan senyuman hangat. Hindari mengentakkan tangan orang lain dengan kuat dank eras atau menggenggam tangan orang lain terlalu erat.

Berjabat tangan mempunyai jenis yang beragang, seperti berikut:

1)  The vise grip handshake. Jabat ini menunjukkan kepercayaan diri dan egaliter kedua belah pihak. Secara teknis, jabat tangan ini dilakukan oleh dua orang yang saling berhadapan dan masing-masing telapak tangan saling bertautan dengan hangat dan sempurna. Telapak tangan Anda dan lawan saling menggenggam sehingga ujung semua jemari dan Ibu jari ada di sisi luar telapak tangan lawan. Inilah yang disebut dengan jabat tangan idaman semua orang.

2)  The cold fish handshake. Jabat tangan jenis ini seringkali mencemaskan walaupun jarang disadari. Disebut sebagai ikan beku (cold fish) karena ketika berjabatan, telapak tangan tidak saling bertaut karena salah satunya menggantung dan membuat lawannya seolah mendapat paket ikan mati  yang akan jatuh.

3)  The bone crusher. Jabat tangan ini juga mengerikan. Hal ini menunjukkan seseorang mempunyai kepercayaan yang berlebih dan juga ingin mendominasi. Biasanya di awal gerakan dan posisi telapak tangan mirip dengan jenis The Vise Grip Handshake namun ia akan meremas dengan kuat seperti alat pemecah kenari. Sayangnya, karena jabat tangan merupakan kebiasaan, seringkali ia tidak menyadarinya. Jika Anda sedang berjabat tangan dan lawan Anda mengernyit kesakitan, segera lepaskan dan meminta maaf. Tidak ada salahnya berlatih dengan teman untuk memastikan kita tidak menjadi si ‘penghancur tulang’ saat berjabat tangan.

4)  The water pump. Berjabat tangan dengan cara ini terkadang membuat orang lain heran dan canggung. Biasanya gerakannya adalah dengan mengayunkan telapak tangan saat sedang berjabat tangan sampai 2-3 kali. Jadi, Anda atau lawan Anda akan dengan cepat mengayunkan telapak tangan yang bertaut dan saling mengucap salam maupun sapaan sederhana.

5)  The socket wrench. Jabat tangan jenis ini juga hamper sama dengan the water pump tapi dari arah yang berbeda yaitu dari belakang. Telapak tangan Anda akan ditarik ke ‘wilayah’ lawan kemudian kembali ke ‘wilayah’ Anda. Seseorang dengan tipe jabat tangan ini memainkan dominasi atau kekuasaan secara psikologis untuk menciptakan keseimbangan. Tentu bukan jenis jabat tangan favorit karena bisa menjadi kejutan yang tidak enak.

6)  The finger grab. Jabat tangan ini bisa terjadi secara tidak sengaja ketika seseorang tiba-tiba menjabat tangan Anda tanpa terjadi pertautan yang sempurna. Bukan hanya telapak, melainkan semua jari Anda seperti terperangkap dalam satu genggaman dan ayunan. Sekali lagi, ini juga bukan jabat tangan yang menarik atau nyaman.