Cara Mengatasi Masalah Pencernaan Ketika Hamil

30 April 2014 | 09:16

Gangguan pencernaan saat hamil memang menjadi salah satu gangguan yang sering sekali dialami oleh sebagian besar Ibu hamil. Gangguan pencernaan saat hamil biasanya terjadi karena perubahan hormon yang terjadi. Rahim membesar yang akhirnya menekan perut sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman, mulas dan sering buang air kecil. Nah untuk Anda yang sedang hamil, tidak usah terlalu khawatir karena beberapa tips berikut ini bisa membantu mengurangi gangguan pencernaan Anda:

Gangguan pencernaan saat hamil

  • Makan dengan porsi kecil dan sering. Ibu hamil sangat dekat dengan rasa mual. Nah untuk menyiasatinya, sebaiknya Anda tidak makan banyak sekaligus. Makanlah dengan beberapa porsi kecil sehingga perut Anda tidak gampang penuh dan akhirnya menjadi mual. Untuk camilan dan pengganjal perut ketika sering lapar, konsumsilah sayur dan buah-buahan. Ganti camilan instan Anda dengan buah-buahan segar sehingga Anda dan janin lebih sehat dan kuat.
  • Hindari mengkonsumsi makanan pemicu gangguan pencernaan, misalnya jus buah rasa coklat dan asam. Makanan ini biasanya sering memicu gangguan pencernaan, apalagi jika sering dikonsumsi.
  • Hindari makanan pedas. Gangguan pencernaan saat hamil juga bisa dipicu oleh makanan pedas. Sebenarnya mitos yang beredar jika Ibu hamil makan makanan pedas adalah janin yang dikandung rambutnya susah tumbuh. Secara medis, bukan itu yang menjadikan makanan pedas harus dikurangi. Alasannya karena sambal dibuat dari bahan mentah sehingga sangat rentan terhadap paparan bakteri. Selain itu, ketika Ibu hamil mengkonsumsi makanan pedas akan menyebabkan ddiare dan dehidrasi.
  • Hindari minuman dengan kandungan kafein. menghindari konsumsi kafein secara berlebihan selain untuk mengurangi masalah pencernaan juga bisa mencegah resiko keguguran. Bahkan ada sejumlah penelitian yang menyebutkan bahwa wanita hamil yang mengkonsumsi 8 gelas atau lebih kopi (lebih dari 800 mg) berpotensi mengalami keguguran dan kematian janin.
  • Makan secara perlahan. Alasannya karena jika Ibu hamil makan terlalu cepat, udara yang ada di sekitarnya juga ikut tertelan sehingga akan membentuk kantung gas di dalam perut. Inilah yang menyebabkan gangguan pencernaan. Untuk itulah, cobalah untuk mengunyah makanan secara perlahan dan menikmati setiap suapan ke dalam mulut.
  • Minum air putih. Gangguan pencernaan saat hamil bisa dihindari dengan meminum setidaknya 8 gelas air putih setiap hari. Selain mencegah gangguan pencernaan, air putih juga bisa mencegah Ibu hamil dari dehidrasi. Karena ketika hamil, kandung kemih tertekan oleh janin sehingga akan sering buang air kecil.

Semoga membantu.