Cara Menghindari Hilangnya Nutrisi Daging Sapi

21 March 2013 | 09:46

Daging sapi yang akhir-akhir ini menjadi perdebatan karena harganya yang melonjak tinggi serta kasusnya yang menggemparkan ternyata masih menjadi primadona masyarakat untuk menu makanan. Daging sapi biasanya dibeli satu minggu sekali bersama dengan bahan makanan yang lain sebagai stok selama satu minggu. Daging masih menjadi primadona masyarakat karena cara penyimpanannya yang cukup mudah dan cara mengolahnya juga bisa variatif dengan rasa yang lezat. Hanya dengan memasukkan daging ke dalam freezer, maka daging bisa awet sampai berhari-hari. Tetapi sadarkah Anda bahwa sebenarnya menyimpan daging itu tidak efektif. Kenapa? Karena ketika salah menyimpan daging, maka nutrisi yang terkandung di dalamnya juga bisa hilang. Tapi jangan kuatir, berikut ini cara untuk menyiasati agar nutrisi daging tidak hilang percuma ketika disimpan:

Daging sapi

  • Jika daging yang Anda beli tidak langsung dimasak, sebaiknya Anda menyimpannya dalam bagian lemari es yang paling dingin, bukan freezer ataupun chiller. Kemudian Anda juga harus menjaga agar suhunya tetap diantara 1-5 derajat Celcius. Hal ini dimaksudkan agar bakteri tidak berkembang dan membusukkan daging. Jadi, daging yang Anda simpan dan masak tetap terjaga kesegaran dan nutrisinya sehingga aman dikonsumsi bersama keluarga Anda.
  • Jika daging sapi yang Anda beli dalam keadaan kotor, sebaiknya Anda tidak langsung mencucinya dengan air. Sebaliknya, Anda harus membersihkan daging yang kotor tersebut dengan tangan atau Anda juga bisa langsung memotong bagian yang kotor dengan pisau. Kenapa tidak boleh mencucinya? Karena hal itu hanya akan menambah jumlah bakteri yang ada di dalam air keran ke permukaan daging. Dan hal ini akan mempercepat proses pembusukan daging atau daya simpannya semakin pendek.
  • Sebelum Anda menyimpan daging, sebaiknya Anda meletakkannya ke dalam wadah, kemudian tutup rapat dengan plastic kedap udara.
  • Simpanlah daging di dalam wadah yang terpisah. Jangan sekali-kali mencampur daging yang masih mentah dengan daging yang sudah matang atau sudah diolah.
  • Jika persediaan daging Anda banyak, sebaiknya tidak menyimpannya secara bertumpuk-tumpuk. Pastikan Anda menaruh daging mentah hanya satu lapis saja.
  • Anda juga tidak boleh menyimpan daging dalam keadaan utuh. Sebaiknya Anda menyimpannya dalam potongan-potongan kecil saja.
  • Daging sapi yang Anda simpan dengan baik dan benar seperti poin-poin tersebut di atas maka daya simpan daging bisa sampai lebih dari tiga hari. Jadi, Anda bisa menyajikan menu daging favorit keluarga Anda dengan lebih mudah dan aman karena kandungan nutrisinya juga masih ada serta kebersihannya juga masih terjaga.