Cara Menjaga Kesehatan Jantung

19 February 2013 | 09:26

Menjaga kesehatan jantung harus dibiasakan sedini mungkin agar tidak mengganggu kesehatan di kala usia senja. Menjaga kesehatan jantung bisa diterapkan untuk kehidupan sehari-hari. Anda harus bisa menghindari apapun yang bisa membahayakan kesehatan jantung Anda, misalnya dengan mengkonsumsi makanan kemasan. Asupan makanan yang sehat dan olahraga secara teratur akan menjadi investasi kesehatan jangka panjang untuk Anda. Karena jantung merupakan salah satu bagian yang paling sensitive dan juga paling menonjol di dalam tubuh manusia. Fungsi jantung yang sangat penting mengharuskan kita untuk terus menjaga kesehatan jantung. Berikut ini dua kesehatan jantung yang harus kita jaga, yaitu kesehatan fisik dan juga factor diet. Berikt uraiannya:

Menjaga kesehatan jantung

Untuk kesehatan fisik:

  • Olahraga secara teratur. Menjaga kesehatan jantung yang paling dasar adalah dengan berolahraga secara teratur. Anda sebaiknya mulai latihan secara rutin untuk membuang lemak ekstra yang tersimpan di dalam tubuh, khususnya yang ada di skeitar garis pinggang. Jika lemak di bagian ini berkurang, maka juga akan membantu tubuh mencegah penyakit jantung.
  • Menjaga berat badan. Ternyata, bukan hanya mereka yang kelebihan berat badan saja yang beresiko terkena sakit jantung, tetapi juga mereka yang kurus. Nah, untuk tetap menjaga agar jantung kita tetap sehat, sebaiknya kita juga menjaga berat badan kita, jangan sampai terlalu kurus atau terlalu gemuk.
  • Hindari rokok. Entah itu perokok aktif maupun perokok pasif, Anda harus menghindarinya. Karena rokok bisa merugikan paru-paru dan jantung. Selain itu, merokok juga bisa memicu tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Untuk factor diet:

  • Sebaiknya Anda menghindari makanan kemasan. Menjaga kesehatan jantung juga bisa dilakukan dengan pola makan yang sehat. Anda tidak boleh terlalu sering mengkonsumsi makanan kemasan. Mengapa? Karena makanan kemasan banyak mengandung oksidan dan lemak yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.
  • Kurangi konsumsi gula. Sebaiknya mulai sekarang Anda mengurangi konsumsi makanan yang manis-manis karena makanan dan minuman yang tinggi kadar gulanya beresiko diabetes dan penyakit jantung. Untuk solusinya, Anda bisa mengganti gula pasir dengan gula merah.
  • Produk susu. Menjaga kesehatan jantung juga berarti harus membatasi konsumsi produk susu, seperti buttermilk dan yoghurt. Walaupun produk susu bermanfaat bagi kesehatan, tetapi sebaiknya dikonsumsi dalam batas yang terbatas. Karena terlalu banyak mengkonsumsi produk susu juga tidak baik untuk kesehatan.
  • Kesehatan mental. Sebaiknya Anda harus bisa mulai mengelola stress karena kesehatan mental juga mempunyai peranan yang tinggi terhadap kesehatan jantung.