Cara Merawat Rambut untuk Perempuan Berkerudung

11 September 2012 | 09:10

Merawat rambut tentu menjadi hal yang rutin dilakukan oleh perempuan untuk menunjang penampilan. Lalu bagaimana dengan perempuan yang mengenakan jilbab? Apakah merawat rambut masih perlu dilakukan? Tentu saja perempuan yang mengenakan jilbab juga membutuhkan perawatan rambut secara rutin, bahkan harus lebih intensif. Walaupun tujuan bukan lagi untuk penampilan, tetapi untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Karena rambut perempuan yang berjilbab lebih berminyak dan lepek karena seharian harus tertutup jilbab.

Merawat rambut

Walaupun rambut tidak terlihat jika Anda memakai jilbab, tetapi Anda juga tetap harus memperhatikan kondisinya secara ekstra. Walaupun tidak akan terlihat apakah Anda menyisir rambut Anda dengan rapih atau tidak, tetapi dengan kulit kepala dan rambut yang sehat maka Anda juga akan lebih nyaman ketika mengenakan jilbab. Karena untuk perempuan berjilbab kulit kepala akan  lebih mudah berkeringat, maka Anda juga harus ekstra menjaga kebersihannya.

Merawat rambut untuk perempuan berjilbab harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1)  Gunakan shampoo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut. Hal ini untuk menjaga kebersihan rambut dari kotoran yang menempel dan juga ketombe yang muncul di permukaan kulit kepala. Cuci rambut seminggu 3 kali untuk menjaga rambut tetap lembab. Setelah menggunakan shampoo dan kondisioner, pastikan sudah dibilas dengan bersih secara menyeluruh. Hal ini dilakukan untuk menghindari munculnya ketombe pada kulit kepala.

2)  Setelah mencuci rambut, biarkan rambut kering secara alami. Jangan menggosok-gosok rambut yang masih basah dengan handuk karena hanya akan membuat rambut semakin rapuh dan mudah rontok. Sebaiknya, biarkan rambut kering dengan sendirinya, yaitu hanya dengan diangin-anginkan saja. Selain itu, hindari pula penggunaan hairdryer karena cara ini hanya akan membuat rambut semakin kering dan terlihat kusam. Sebelum mengenakan jilbab, usahakan rambut sudah kering secara enyeluruh. Karena jika Anda menggunakan jilbab pada saat rambut masih basah akan menyebabkan jilbab menjadi lembab dan bau.

3)  Sebelum menggunakan jilbab, sisir rambut terlebih dahulu dengan menggunakan sisir berbentuk bulat panjang dengan gigi yang lembut dan jarang. Cara ini akan menjaga rambut agar terlihat lebih sehat dan lebat. Selain itu, cara ini berguna untuk melancarkan peredaran darah di kepala dan juga membuat rambut lebih rapi. Caranya, sisir rambut dari pangkal sampai ujung rambut dengan membentuk bulatan pada bagian ujung rambut.

4)  Setelah rambut Anda tersisir rapi, lanjutkan dengan memakai serum rambut. Serum rambut ini berfungsi untuk menjaga rambut agar selalu kuat. Hindari mengikat rambut terlalu kencang untuk membuat rambut Anda bisa bernafas lega dan juga menghindari rambut rontok dan rapuh.

5)  Pilih kain jilbab dari bahan yang mudah menyerap keringat, misalnya kaos atau katun. Pemilihan bahan jilbab yang berpori-pori besar dan mudah menyerap keringat akan membantu sirkulasi udara di kepala dan juga memperlancar peredaran darah dan udara di kepala.

6)  Lakukan masker rambut atau creambath setiap seminggu sekali. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan serta memperkuat akar rambut. Jangan lupa untuk memilih jenis creambath yang berbahan seperti lidah buaya atau jahe yang bermanfaat untuk memeprkuat akar-akar rambut agar tidak mudah rontok.

Merawat rambut bisa dilakukan sendiri di rumah setiap hari. Untuk perawatan creambath juga sudah bisa dilakukan di rumah jika Anda mempunyai waktu luang.