Cara Mudah Memuluskan Punggung Tangan

18 April 2013 | 09:19

Punggung tangan yang mulus tentunya menjadi dambaan kaum perempuan. Punggung tangan yang mulus sangat sulit dimiliki kembali oleh mereka yang sudah memasuki usia tidak muda lagi. Proses penuaan memang sejalan dengan munculnya kerutan di beberapa bagian tubuh, salah satunya kerutan di tangan. Lain halnya dengan menghilangkan dan menyamarkan kerutan di bagian wajah yang pastinya sudah ada banyak sekali produk yang menawarkannya. Tetapi bagaimana dengan punggung tangan? Ketika urat tangan semakin berkerut dan menonjol serta kulit yang semakin menipis, apa yang harus dilakukan? Berikut ini beberapa cara mudah untuk merawatnya:

Punggung tangan yang mulus

  • Lakukan eksfoliasi. Eksfoliasi atau pengelupasan kulit pada punggung dan telapak tangan bisa Anda lakukan minimal 2 minggu sekali. Fungsinya adalah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru yang lebih bercahaya dan segar. Untuk melakukan eksfoliasi, anda bisa menggunakan scrub untuk tubuh. Untuk membuat scrub alami, caranya adalah dengan membuat campuran satu sendok teh serta minyak kelapa. Tetapi jika Anda tidak suka dengan tekstur berminyak, Anda bisa menggantinya dengan jus lemon segar. Kemudian gosokkan pada tangan, diamkan beberapa menit dan bilas. Jus lemon segar mempunyai kandungan citric acid yang berfungsi sebagai bahan pengelupas yang lembut untuk kulit.
  • Pelembab dan sunblock. Punggung tangan yang mulus bisa didapatkan kembali dengan mengenyalkan kulit. Kekenyalan kulit bisa rusak oleh paparan sinar ultraviolet yang merusak jaringan kolagen di dalam kulit. Nah jika kolagen rusak, maka akan muncul keriput dan membuat kulit menipis. Setiap hari Anda bisa mencegah kerusakan kolagen dengan mengoleskan krim/ losion dengan kandungan minimal SPF 15. Oleskan secara berulang setiap 2 jam sekali.
  • Hindari deterjen dan sabun yang bersifat keras. Ketika Anda mencuci piring, mencuci baju, mengepel atau aktivitas lain yang banyak bersentuhan dengan tangan, sebaiknya Anda menggunakan sarung tangan. Sesaat sebelum menggunakan sarung tangan, oleskan krim pelembab atau bisa juga minyak zaitun ke tangan.
  • Produk perawatan wajah juga bisa digunakan untuk tangan. Punggung tangan yang mulus ternyata juga bisa diantisipasi dengan produk perawatan wajah lho, Ladies. Misalnya dengan mengoleskan serum anti oksidan ke tangan di malam hari sebelum Anda tidur. Pada siang hari, Anda juga bisa mengoleskan SPF. Masker wajah juga bisa Anda fungsikan untuk memperhalus kulit tangan.