Cegah Keriput dengan Makanan Ini

14 April 2014 | 08:58

Mencegah keriput ternyata tidak perlu menggunakan berbagai macam obat-obatan kimia lho, Ladies. Karena mencegah keriput bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang penting bagi kulit. Makanan yang mempunyai nutrisi penting yang bisa menyehatkan kulit. Dengan mengkonsumsi makanan ini, kulit akan ternutrisi dari dalam sehingga ketika dilakukan perawatan kulit dari luar hasilnya pun lebih maksimal. Penasaran apa saja makanan bernutrisi itu?

Mencegah keriput

  • Minyak zaitun. Faktor yang paling banyak menjadi penyebab penuaan kulit adalah paparan sinar matahari. Faktor ini bisa juga disebut photoaging. Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang bisa melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Paparan sinar matahari bisa mengakibatkan pigmentasi sehingga membuat kulit menjadi flek, tidak kencang dan timbul kerutan. Jadi, konsumsi minyak zaitun bisa mengurangi masalah kulit tersebut dari dalam dan lebih efektif.
  • Tomat dan wortel. Mencegah keriput dengan rajin mengkonsumsi duo makanan ini setiap hari juga sangat efektif. Tomat dengan kandungan likopen dan wortel dengan kandungan beta karotin mampu melindungi kulit dari kanker kulit, keruskan sel kulit dan penuaan dini.
  • Jeruk. Seperti yang kita ketahui bersama, jeruk mempunyai kandungan vitamin C yang banyak. Vitamin C sendiri tidak hanya bagus untuk daya tahan tubuh tetapi juga untuk kesehatan kulit. Vitamin C bisa membantu kulit memproduksi kolagen sehingga kulit menjadi lebih elastis, kencang dan halus. Selain itu, dengan mengkonsumsi vitamin C, Anda juga membantu kulit untuk lebih cepat beregenerasi. Selain jeruk, Anda juga bisa mendapatkan vitamin C dari beberapa buah lain, antara lain stroberi, kiwi dan brokoli.
  • Biji bunga matahari atau kuaci. Biji bunga matahari banyak mengandung asam linoleat. Kandungan ini ternyata mampu membuat kulit lebih lembab serta tidak mudah kering. Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition. Dari penelitian tersebut didapatkan bahwa asam linoleat adalah asam lemak yang bisa menunda proses penuaan oleh paparan sinar matahari.
  • Ikan salmon. Mencegah keriput juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi ikan yang mempunyai kandungan asam lemak Omega 3 ini. Tidak hanya untuk memperlambat proses penuaan kulit, asam lemak Omega 3 juga sangat baik untuk beragam penyakit, seperti kanker, penyakit jantung dan depresi. Dengan mengkonsumsi ikan salmon secara rutin yaitu dua atau tiga kali dalam seminggu bisa memberikan efek yang maksimal untuk kulit dan tubuh.

Membuat kulit tetap kencang dan lembab ternyata tidak butuh biaya besar bukan? Dengan rajin melindungi kulit dari paparan sinar matahari, mengkonsumsi makanan-makanan yang bernutrisi untuk kulit serta melakukan perawatan dari luar ternyata sudah bisa membuat kulit Anda tampak kencang dan menghindari penuaan dini. Selamat mencoba.