Cegah Penuaan Dini Sedini Mungkin

31 May 2013 | 10:01

Mencegah penuaan dini harus dilakukan sedini mungkin untuk merawat dan mencegah munculnya proses penuaan dini terlalu cepat. Mencegah penuaan dini ini bisa dilakukan dengan melakukan beberapa hal setiap hari. Sikap dan pola berpikir kita ternyata berpengaruh lho Ladies, terhadap kulit kita. Memang benar jika proses penuaan dini tidak bisa dihindari, tetapi bisa dikurangi atau dicegah agar tidak muncul terlalu dini. Misalnya terjadinya bercak-bercak hitam pada kulit, muncul kerutan, kulit mulai menggelambir, pori-pori membesar, dan lain sebagainya. Untuk merawat dan mencegah penuaan dini ini memang sebenarnya berasal dari diri kita sendiri, yakni dengan menjaga asupan makanan dan minum yang cukup dan seimbang.

Mencegah penuaan dini

Yang dimaksud dengan seimbang adalah Anda harus bisa menyeimbangkan asupan protein, karbohidrat, vitamin, lemak dan mineral. Untuk mempertahankan kesehatan tubuh dan kulit, air juga menjadi faktor yang sangat penting untuk Anda perhatikan. Elain itu, produk perawatan kulit yang Anda gunakan setiap hari juga ikut mendukung kondisi kulit dari segala aktivitas yang Anda lakukan. Anda harus pintar dan bijak dalam memilih kosmetik, misalnya pelembab, sabun dan sunblock yang sesuai dengan jenis kulit dan jenis aktivitas Anda dan lingkungan. Untuk hasil yang maksimal, Anda juga bisa menambahkan beberapa jenis perawatan, antara lain massage, facial, botox, chemical peeling, laser sampai operasi jika perlu. Yang jarang diketahui oleh banyak orang adalah bahwa penuaan dini juga berkaitan dengan kebugaran tubuh. Untuk itulah, Anda juga harus mengubah kebiasaan-kebiasaan lama Anda yang berpotensi merusak kulit Anda, antara lain dengan:

  • Ketika mengendarai mobil, lindungi wajah. Mencegah penuaan dini bisa dimulai dengan hal-hal kecil. Karena disadari atau tidak, bagian wajah akan mengalami penuaan dini lebih cepat pada sisi yang berada dekat dengan jendela mobil. Hal ini dikarenakan oleh paparan sinar matahari yang mengenai kulit. Untuk itulah sebelum Anda berkendara, sebaiknya Anda selalu mengaplikasikan sunscreen dan lindungi wajah dengan topi atau sunglasses yang lebar.
  • Perbaiki kerusakan kulit. Hal ini berkaitan dengan makanan yang Anda konsumsi. Anda harus mulai mengkonsumsi buah-buahan, seperti mangga dan semangka serta umbi-umbian dan sayur-sayuran, seperti ketela dan bayam yang banyak mengandung vitamin A. vitamin A berfungsi untuk memperbaiki sel-sel kulit.
  • Kurangi konsumsi soda dan kopi. Untuk mencegah rambut beruban dan kulit menjadi kusam, sebaiknya Anda meningkatkan asupan air dan mengurangi minuman yang mempunyai sifat duretik, seperti soda dan kopi. Karena kopi mengandung kadar asam yang bisa menggerus kalsium (yang bisa menyebabkan percepatan pengeroposan tulang) dan menimbulkan kemerahan pada kulit.
  • Konsumsi kalsium. Sebelum usia 30 tahun, tubuh kita membangun kepadatan tulang. Untuk itulah, sebelum Anda berusia 30 tahunan, sebaiknya Anda mengkonsumsi cukup kalsium. Selain untuk menjaga agar tuolang tetap kuat, Anda juga akan menjaga kulit Anda tetap cantik dan sehat.
  • Hindari daging merah dan makanan kemasan. Mencegah penuaan dini juga harus mampu melawan keinginan untuk menghindari dua jenis makanan ini. karena kedua makanan ini mengandung tepung putih, lemak jenuh dan gula. Semua zat tersebut bisa meningkatkan berat badan dan membuat kulit menjadi bermasalah. Kelebihan lemak dalam tubuh, misalnya lengan dan perut akan memicu organ-organ lain untuk mengalami penuaan dini.
  • Kalahkan stres. Boleh-boleh saja stres, tetapi jangan melebihi stres yang normal. Stress bisa menguras energy dan mengacaukan sistem kekebalan tubuh. Untuk melawan stress, Anda bisa olahraga secara teratur, istirahat cukup dan cuti sesuai dengan waktunya.