Cek Daya Tahan Produk Kosmetik Anda!

15 April 2013 | 09:34

Daya tahan kosmetik tentunya berbeda-beda dari satu jenis ke jenis yang lainnya. Daya tahan kosmetik harus diperhatikan karena jika kita menggunakan kosmetik yang kadaluarsa, bisa membuat kulit terkena iritasi dan alergi. Memang tidak hanya makanan saja yang ada masa kadaluarsanya, tetapi kosmetik juga ada. Bahkan jika Anda mau jeli, ada beberapa jenis kosmetik yang sebenarnya umurnya hanya 6 bulan. Jika dipaksakan memakai kosmetik yang kadaluarsa, maka akan mneyebabkan masalah kulit yang beragam, khususnya untuk kulit sensitif. Ini dia contekan masa kadaluarsa produk kosmetik yang perlu Anda ketahui:

Daya tahan kosmetik

  • Cat kuku. Masa pakai cat kuku adalah 1 tahun. Jika disimpan lebih dari 1 tahun, maka cat kuku akan mulai menggumpal dan terpisah antara minyak dan cat. Dan ketika dipulaskan tentu saja hasilnya tidak memuaskan karena akan muncul garis-garis yang membuat kesan tidak rapi.
  • Maskara. Masa pakai maskara adalah 3 bulan. Jika Anda menyimpan maskara lebih dari 3 bulan, maka maskara akan lebih cepat menggumpal. Ketika dipulaskan akan muncul butiran-butiran seperti bola yang isinya tinta maskara yang akan nyangkut di bulu mata. Bahkan jika kita memaksa untuk menggunakan maskara yang kadaluarsa, hanya akan membuat mata terinfeksi karena maskara yang kadaluarsa bisa menjadi sarang bakteri. Sebaiknya Anda juga menghindari menggunakan sikat maskara yang sama lebih dari 6 bulan. Sebaiknya Anda menggantinya minimal 3-4 bulan sekali.
  • Lipstik. Daya tahan kosmetik yang satu ini cukup lama, yaitu 18 bulan. Jika sudah lebih dari 18 bulan, sebaiknya ganti lipstik Anda. Pada umumnya, liipstik yang sudah kadaluarsa akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap, luntur da nada perubahan warna. Biasanya warnanya akan terpisah menjadi beberapa dan juga menjadi berminyak. Selain itu, lipstik yang sudah kadaluarsa akan menjadi media untuk pertumbuhan bakteri. Dampaknya adalah alergi sampai kanker kulit.
  • Krim wajah. Masa pakai krim wajah adalah 1 tahun. Sebaiknya, Anda mempunyai sendok khusus untuk mengambil krim dari dalam kemasan agar tidak terkontaminasi jari Anda. Karena jika mengambil krim langsung dengan jari, tidak bisa menjamin kebersihan dan kesterilan krim. Jadi tidak menutup kemungkinan bakteri terbawa dan berkembang biak di dalam krim. Jika Anda masih memakai krim wajah lebih dari 1 tahun, maka dikhawatirkan akan terjadi infeksi bakteri dan iritasi.
  • Bronzer dan blush on. Daya tahan kosmetik ini adalah 18 bulan. Setelah 18 bulan, warna bronzer dan blush on tidak akan sama lagi. Inilah saatnya Anda membuang prosuk ini. selain warnanya yang berubah, jika dipaksakan memakainya, maka bisa menyebabkan iritasi pada kulit atau mata merah.
  • Tabir surya. Daya tahan kosmetik ini adalah 1 tahun. Produk ini biasanya mencantumkan expiration date. Jadi, jika Anda memang jarang menggunakannya, sebaiknya Anda membeli kemasan travelling-nya saja. Ciri-ciri tabir surya yang kadaluarsa adalah keluarnya aroma lotion yang tidak sedap dengan tekstur yang terpisah.