Cewek Juga Punya Kebiasaan Penghematan yang “Unik” Lho!

29 May 2013 | 09:57

Kebiasaan penghematan biasanya dilakukan mulai tanggal 15 sampai 20-an. Karena di tanggal itulah masa-masa kritis keuangan seseorang. Kebiasaan penghematan dilakukan dengan berbagai cara untuk bertahan sampai tanggal muda. Terlebih bagi para wanita, yang memang terkenal dengan banyak sekali kebutuhan setiap bulannya. Belum lagi resiko lapar mata yang sering dialami oleh para wanita. Untuk itulah kita harus pintar-pintar berhemat. Nah berikut ini beberapa kebiasaan wanita dalam melakukan penghematan. Apakah Anda juga melakukannya?

Kebiasaan penghematan

  • Menjungkir botol shampoo dan lotion. Ekonomisnya wanita biasanya sangat maksimal. Artinya, ingin mendapatkan manfaat sebanyak-banyaknya dan tidak mengalami kerugian yang banyak. Nah ketika di tanggal tua persediaan produk kecantikan mulai menipis, botol-botol kemasannya dijungkir karena tanggal gajian masih cukup jauh. Dengan teknik menjungkir botol ini, maka isinya akan terkumpul di bagian ujung botol dan akhirnya bisa digunakan secara maksimal. Setidaknya bisa dipakai sampai benar-benar habis dan tanggal muda.
  • Membelah tube atau botol kosmetik menjadi dua. Kebiasaan penghematan yang satu ini Cuma beda tipis dari menjungkir botol. Biasanya jika trik menjungkir botol sudah tidak mempan lagi, dilakukanlah trik ini, yaitu membelah botol tersebut menjadi dua. Karena dengan membelah, Anda masih bisa menggunakan sisa shampoo, lotion dan kondisioner yang ada di dalamnya. Bisa juga cara ini dimaksimalkan sampai 2-4 kali pakai. Selain melakukan penghematan, trik yang satu ini juga bisa mengurangi pemalsuan produk yang marak belakangan ini.
  • “Pundi uang” dimana-mana. Dengan menyimpan uang di beberapa tempat, sangat memungkinkan bagi Anda untuk mencarinya ketika dibutuhkan. Sebenarnya trik ini terjadi secara alamiah. Misalnya ketika Anda bersih-bersih tiba-tiba menemukan uang di saku celana atau di tas. Tentu hal ini akan membuat Anda senang bukan kepalang. Untuk itulah, Anda sebaiknya menyimpan uang tidak hanya di satu tempat. Ada baiknya Anda mempunyai tempat penyimpanan lain selain dompet, misalnya ATM dan celengan ayam untuk menyimpan uang.
  • Membeli kosmetik preloved atau produk seken. Kebiasaan penghematan juga bisa dilakukan dengan membeli produk kosmetik seken saat tidak bisa lagi menahan hasrat untuk berbelanja. Penjualan barang seken atau preloved juga sudah menjadi tren di kalangan wanita, baik di bidang kecantikan maupun fashion. Belanja yang satu ini mempunyai kelebihan di harga. Walaupun sudah tidak baru lagi, tetapi barang-barang yang dijual ini mempunyai kualitas dan kuantitas yang masih bagus. Tetapi ketika Anda membeli kosmetik preloved, sebaiknya Anda juga memastikan bahwa kosmetik tersebut asli dan terjaga kualitas dan kebersihannya. Sedangkan jika Anda membeli pakaian seken, sebaiknya Anda memastikannya masih dalam keadaan yang sesuai dengan harganya.