Hindari Hal Ini Saat Menyusui

26 August 2013 | 12:00

Menyusui adalah salah satu hal emosional yang terjadi pada Ibu, khususnya Ibu muda yang baru pertama kali melahirkan dan menyusui. Menyusui akan menciptakan ikatan yang kuat antara Anda dan buah hati Anda. Karena bukan saja memberikan makanan bagi bayi Anda, Anda juga bisa memperoleh kedekatan fisik dengan bayi Anda setelah dia lahir. Jadi, menyusui bukan hanya baik bagi sang bayi tetapi juga bagi sang Ibu itu sendiri. Tetapi bagi para Ibu muda, masih banyak hal yang belum mereka ketahui tentang seluk-beluk menyusui yang benar. Mungkin karena kurang pengalaman dan kurangnya informasi sehingga membuat mereka masih melakukan kesalahan-kesalahan yang seharusnya tidak terjadi lagi.

MenyusuiBerikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda hindari saat menyusui bayi Anda agar bisa mmeinimalisir kesalahan yang mungkin terjadi:

  • Jangan memaksa bayi. Ya, walaupun Anda bersemangat untuk membuat bayi Anda minum ASI dari Anda, tapi jangan pernah memaksa memasukkan puting ke dalam mulut bayi. Karena hal ini aka berbahaya dan bisa membuat buah hati Anda merasa tidak nyaman. Sebaliknya, Anda harus membantu sang buah hati Anda untuk menemukan puting Anda secara perlahan-lahan.
  • Jangan mudah menyerah. Menyusui memang tidak mudah. Untuk pertama kali, biasnaya memang akan sulit dan terasa sakit. Tetapi Anda harus yakin bahwa Anda pasti bisa memberikan ASI eksklusif pada buah hati untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya. Yakinkan diri Anda bahwa ini adalah kewajiban seorang Ibu dan Anda harus bisa melewatinya dengan baik. Dengan begitu, lama-kelamaan Anda akan terbiasa dan melakukannya tanpa rasa sakit.

Menyusui mempunyai manfaat yang sangat baik untuk Anda dan bayi Anda. Anda tak perlu merasa takut payudara Anda menjadi tidak indah lagi jika menyusui. Dengan menyusui, Anda bahkan berkali-kali lipat akan mendapatkan manfaat nyata, seperti meminimalisir resiko kanker payudara, dan lain sebagainya. Anda tentunya juga ingin melihat anak Anda tumbuh menjadi anak yang kuat, sehat dan mempunyai IQ tinggi bukan? Berikanlah ASI eksklusif pada buah hati Anda, Bunda. Segala manfaat baik akan beserta Anda dan bayi Anda jika Anda dengan berbahagia menyusui buah hati Anda. Kalaupun pada kesempatan pertama ASI belum keluar, jangan menyerah. Tetap berusaha dengan memberikan pijatan pada payudara dan membiarkan buah hati Anda menyusu untuk membuat ASI keluar dengan lebih lancar. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan yang bernutrisi. Selamat menjadi Ibu yang sebenarnya, Bunda!