Ingin Kulit Selalu Sehat di Segala Situasi? Ini Dia Rahasianya!

7 May 2013 | 09:34

Kulit selalu sehat di segala kondisi dan cuaca tentunya menjadi impian semua perempuan. Karena kulit selalu sehat bisa membuat tubuh terlihat sehat dan segar sepanjang hari. Untuk bisa mendapatkan kulit cerah dan cantik, Anda tidak perlu banyak uang untuk melakukan perawatan yang mahal. Berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa Anda lakukan untuk menjaga agar kulit tetap segar dan lembut:

Kulit selalu sehat

  • Gunakan bahan perawatan kulit yang berbahan retinol. Kulit akan terlihat lebih tua daripada biasanya karena adanya kulit yang mengendur serta noda hitam. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda mengoleskan krim yang berbahan retino setiap malam. Cara ini berfungsi untuk membuat noda hitam menghilang, menjaga tekstur kulit dan menjadikan kulit senantiasa lembut. Retinol sendiri mempunyai fungsi utama untuk menstimulasi produksi kolagen serta mencegah terjadinya penuaan dan kerutan. Tetapi ketika malamnya Anda menggunakan krim yang mengandung retinol, pada pagi harinya Anda harus memakai krim tabir surya yang mengandung SPF 30 agar kulit yang sensitif tetap terlindungi.
  • Konsumsi antioksidan dan vitamin. Kulit selalu sehat akan sangat terbantu dengan mengasup antioksidan dan vitamin yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang bisa merusak kulit. Rajin-rajinlah mengkonsumsi vitamin B, C dan E yang bisa Anda peroleh dari sayur dan buah-buahan, seperti kelengkeng, jeruk, jambu biji (vitamin C), buah kiwi, tomat, alpukat, semangka (vitamin B6), melon, pepaya dan pisang (vitamin E). Selain makanan, Anda juga bisa mendapatkan vitamin dari produk-produk kecantikan.
  • Membersihkan wajah dengan alat pembersih sonic. Jika biasanya kita menggunakan kapas atau handuk untuk membersihkan dan mengeringkan wajah, sekarang sudah ada alat elektronik atau system sonic yang sudah bisa Anda dapatkan di pasaran.
  • Memakai krim tabir surya. Ketika Anda keluar rumah, gunakan krim tabir surya untuk melindungi kulit. Tetapi Anda juga harus memilih tabir surya yang aman dan sesuai dengan jenis kulit Anda. Untuk pemakaian setiap hari, Anda bisa menggunakan tabir surya dengan SPF 30.
  • Saat mengenakan kosmetik, jangan menggunakan tangan. Kulit selalu sehat juga harus dihindarkan dari penggunaan tangan atau ujung jari ketika mengoleskan make up atau membersihkannya. Sebaliknya, Anda menggunakan kapas kosmetik agar lebih aman dari bakteri.
  • Butuh moisturizer atau pelembab. Pelembab merupakan antioksidan yang efektif untuk menstimulasi produksi kolagen untuk kulit. Jadi, kulit Anda akan terlihat lebih segar, bebas kusam dan kerut.