Ingin Perut Sixpack? Intip Trik Suksesnya!

17 April 2013 | 10:05

Perut sixpack dalam masyarakat urban merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Perut sixpack bukan hanya mencerminkan hasil latihan ekstra keras selama beberapa lama tetapi juga menunjukkan jati diri dan gaya hidup pemiliknya. Nah untuk Anda yang ingin mendapatkan perut idaman ini, sebaiknya Anda juga memperhatikan gaya hidup Anda. Simak trik suksesnya!

 Perut sixpack

Yang harus Anda lakukan:

  • Menurunkan body fat. Inilah poin pertama yang harus Anda pahami dengan betul. Jadi, perut sixpack tidak akan muncul jika di tubuh masih ada lemak, terutama di bagian perut Anda. Inilah mengapa Anda harus mengurangi lemak perut dengan melakukan latihan rutin. Cara paling tepat untuk mengurangi lemak perut adalah melakukan kombinasi kardio dan latihan beban.
  • Menjaga pola makan. Perut sixpack juga bisa didapatkan dengan menjaga pola makan agar tidak sembarangan. Konsumsi makanan yang tinggi protein dan rendah lemak. Sebaliknya, Anda harus menghindari konsumsi makanan manis seperti roti, cake, sirup, biscuit dan lain semacamnya. Tingkatkan juga konsumsi protein, seperti kedelai, susu, ikan, dada ayam dan olahannya.
  • Selalu sarapan. Sarapan ternyata juga membawa pengaruh terhadap perut seseorang. Karena seseorang yang sarapan biasanya lebih mampu untuk mengendalikan nafsu makan di siang hari. Selain itu, sarapan juga memberikan asupan gizi pada tubuh yang hampir 9 jam dalam kondisi kosong ketika tidur.
  • Cukup tidur. Untuk fase pembentukan serta pemulihan otot, tubuh membutuhkan waktu tidur selama 7-8 jam. Ada sebuah studi yang menyebutkan bahwa jika seseorang kurang tidur selama 3 hari secara berturut-turut maka akan menyebabkan sel-sel otot menjadi resisten terhadap hormone insulin. Dan hal ini akan menyebabkan melambatnya metabolisme tubuh, penimbunan lemak di sekitar perut dan meningkatnya nafsu makan.

Yang harus Anda hindari:

  • Rutin sit up. Sit up berguna untuk memberikan tone pada otot perut Anda. Tetapi ingat, latihan ini tidak bisa mengikis lapisan lemak di perut Anda. Jadi, kombinasikan dengan latihan kardio dan beban untuk menghilangkan lemak perut.
  • Konsumsi karbohidrat olahan. Perut sixpack selalu dipengaruhi oleh makanan yang kita asup. Jika selama ini kita masih sering mengkonsumsi roti putih, maka sebaiknya sekarang gantilah dengan roti gandum utuh. Nasi putih juga sebaiknya Anda ganti dengan nasi merah. Roti gandum dan nasi merah mempunyai kandungan protein yang sangat bagus untuk kesehatan, mencegah diabetes dan membuat kenyang lebih lama.
  • Melewatkan waktu makan. Kebiasaan ini terlihat sederhana tetapi dampaknya bisa membuat Anda makan berlebihan. Akhirnya tubuh akan mengasup lebih banyak kalori yang bisa memicu lebih banyak timbunan lemak.
  • Ngemil sambil nonton. Orang yang di depan TV sambil ngemil sama saja dengan menumpuk 10% lemak di bagian perut.
  • Terlalu stres. Rasa stres, takut, cemas dan panik akan memunculkan hormon kortisol. Hormon inilah yang akan membuat Anda merasa mudah sekali lapar dan membuat metabolism tubuh melambat.