Ingin Punya Rambut Indah?

1 October 2012 | 10:57

Rambut indah memang merupakan dambaan setiap perempuan di muka bumi ini. Rambut indah dan sehat tidak bisa murni di dapat dari “sananya”. Mengapa bisa demikian? Karena walaupun dari sejak bayi sudah mempunyai rambut yang indah, tetapi saat perjalanan menuju masa dewasa, rambut menjadi tidak indah lagi. Ada banyak sekali faktor yang berpengaruh pada kesehatan dan keindahan rambut. Sinar matahari, polusi, pola hidup yang kurang sehat akan menimbulkan ketombe, rambut rontok dan berbagai macam permasalahan rambut yang bisa muncul. Jadi, jika ingin mendapatkan rambut yang indah dan menawan, Anda memang butuh perawatan.

Rambut indah

Perawatan rambut mempunyai rahasianya tersendiri. Rahasia untuk mempunyai rambut indah dan sehat adalah rutinitas yang dilakukan sehari-hari dalam merawat rambut mereka. Apapun jenis rambut Anda, entah itu lurus, ikal, tebal, keriting, pendek, atau panjang mempunyai rahasia tersendiri untuk merawat rambutnya. Nah, berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang dilakukan untuk merawat rambut:

Rambut indah harus dirawat dengan cara pertama, yaitu tidak keramas setiap hari. Jadi, Anda harus mampu mengatur waktu keramas Anda. Sebaiknya Anda melakukan pencucian rambut sebanyak dua hari sekali atau tiga hai sekali. Jangka waktu ini lebih ideal daripada harus setiap hari keramas. Anda bisa memilih shampoo dan conditioner yang lembut dan tidak mengandung sufat. Karena jika Anda mencuci rambut terlalu sering, yang akan Anda dapatkan adalah rambut akan menjadi lebih kering karena kelembaban alami rambut akan hilang.

Kedua, rutin mengganti shampoo dan conditioner. Jika Anda sudah familiar mendengar saran agar tidak mengganti-ganti shampoo, justru pada kenyataannya hal tersebut tidak berlaku. Karena yang berlaku justru sebaliknya, yaitu sebaiknya rutin mengganti shampoo dan conditioner Anda untuk membuat rambut lebih menarik dan sehat. Anda bisa mempraktikkan hal ini.

Rambut indah juga bisa didapatkan dengan cara yang ketiga, yaitu jarang menyisir. Padahal yang sering terjadi pada banyak perempuan adalah sering menyisir rambutnya jika berantakan. Pada kenyataannya, ketika Anda jarang menyisir rambut, maka rambut akan lebih kuat dan tidak mudah rontok. Salah satu alasan mengapa perempuan yang mempunyai rambut indah jarang menyisir rambutnya adalah karena ingin mempertahankan volume alami rambutnya.

Keempat, keringkan rambut secara alami. Hindari pemakaian hair dryer jika tidak mendesak, terlebih penggunaan catok atau blow rambut. Jika Anda sudah terbiasa memanfaatkan perlengkapan ini, mungkin Anda akan merasa cara ini tidak masuk akal. Tetapi ada alasan paling masuk akal kenapa harus meminimalisir penggunaan perlengkapan pengeringan rambut tersebut, yaitu jika rambut terlalu sering terpapar panas, maka rambut bisa rusak dan rontok. Anda masih bisa mem-blow rambut, tetapi batasi frekuensinya. Misalnya hanya seminggu sekali melakukan blow rambut Anda.

Kelima, rajin memotong rambut. Hal ini akan menghilangkan rambut bercabang, yaitu dengan memotong ujung yang terbelah. Inilah yang membuat rambut indah semakin terlihat menakjubkan karena tidak ada rambut yang pecah-pecah di ujungnya. Untuk itulah, tidak ada salahnya Anda memotong rambut setiap tiga bulan atau bahkan enam minggu. Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah karena sangat mudah.

Keenam, warnai rambut hanya jika memang diperlukan. Rambut yang sehat tidak perlu diwarnai. Atau kalaupun Anda ingin memberikan warna yang beda, Anda bisa melakukannya dengan frekuensi yang jarang. Pewarnaan rambut akan membuat rambut menjadi lebih rentan rusak dan patah.

Ketujuh, makan makanan sehat dan rajin minum vitamin. Diet sehat kaya vitamin dan nutrisi akan memberikan efek rambut cantik. Konsumsi asupan kalsium dan sayuran untuk membuat rambut dan kuku lebih kuat. Asam lemak omega 3 juga dipercaya bisa membuat rambut lebih mengkilap.