Ingin Tidur Lebih Lama dan Berkualitas?

2 November 2012 | 09:48

Tidur lebih lama dan berkualitas pastinya sangat diinginkan oleh setiap orang. Tidur lebih lama dan berkualitas tidak hanya diinginkan tetapi bahkan dibutuhkan, terutama oleh orang-orang super sibuk yang sulit sekali mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Selain mereka yang sangat sibuk dengan pekerjaannya, ada juga penderita insomnia yang tentunya sangat membutuhkan kualitas tidur yang cukup. Karena sebagai penderita insomnia tentunya tidak bisa mendapatkan waktu tidur yang berkualitas dan lama. Nah jika hal ini dibiarkan, maka hal yang awalnya sepele ini bisa berakibat serius.

Tidur lebih lama dan berkualitas

Orang yang mengidap insomnia akan kurang tidur dan mengalami proses peradangan atau inflamasi yang pada akhirnya bisa menyebabkan gangguan di pembuluh darah. Sehingga jantung pun bisa terganggu dan bahkan bisa menimbulkan penyakit. Nah pada kasus insomnia ini, penderitanya bisa mengalami angka kesakitan yang lebih tinggi, misalnya seperti mengalami demensia atau jantung. Nah dengan mengenali penyebab mengapa seseorang bisa mengalami gangguan tidur, maka penyakit insomnia ini akan lebih mudah diatasi. Insomnia biasanya terjadi karena beban pikiran atau kecemasan, kondisi tempat tidur yang kurang nyaman, bekerja sampai larut malam, sampai kebiasaan menggunakan gadget atau peralatan elektronik sebelum tidur.

Tidur lebih lama dan berkualitas bisa didapatkan dengan menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk sebelum tidur. Ada banyak sekali alasan sepele yang justru bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan, terutama bagi penderita insomnia. Salah satu kebiasaan masyarakat perkotaan yang memicu insomnia adalah olahraga di malam hari. Mungkin karena kesibukan yang padat sehingga mereka menyempatkan olahraga sepulang kerja pada malam hari atau sebelum tidur. Padahal idealnya, jarak antara waktu selesai olahraga dan tidur adalah 3 jam. Jika ada yang beranggapan bahwa setelah selesai olahraga tubuh menjadi capek dan akan mudah tidur, maka anggapan ini salah. Karena setelah selesai olahraga, adrenalin tetap akan meningkat. Dan adrenalin yang meningkat inilah yang akan membuat kita lebih terjaga. Nah, akibatnya, walaupun otak capek atau lelah, tetapi otak masih belum mau berhenti untuk beristirahat.

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk bisa tidur nyenyak dan lama, antara lain:

  • Sebelum tidur, lakukan relaksasi. Jadi, ketika waktu istirahat sudah tiba, jangan mengomel dengan pasangan atau memikirkan pekerjaan yang masih menumpuk.
  • Jika Anda ingin olahraga, sebaiknya hindari olahraga pada malam hari. Karena Anda membutuhkan jeda 3 jam sebelum tidur.
  • Pada sore hari, hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein. Karena efek kafein bisa bertahan sampai 9-12 jam setelahnya.
  • Jangan memaksakan tidur dalam keadaan kelaparan atau kekenyangan. Jarak antara makan besar dan waktu tidur adalah 2 jam. Tetapi masih diperbolehkan jika hanya ngemil.
  • Sebelum pergi ke tempat tidur, matikan semua gadget.
  • Anda bisa membaca buku atau mendengarkan music untuk membantu merangsang tidur.
  • Jangan sembarangan mengkonsumsi obat tidur.
  • Jika sudah menderita insomnia dan sudah mengkonsumsi obat, sebaiknya Anda mengurangi dosisnya dan segera konsultasi dengan dokter.
  • Jika gangguan tidur terjadi selama lebih dari 2 minggu, sebaiknya langsung konsultasi dengan dokter.

Tidur lebih lama dan berkualitas memang dimulai dari diri sendiri. Anda harus bisa memposisikan diri dan pikiran untuk siap tidur. Jangan tergoda untuk browsing maupun membuka situs jejaring social ketika Anda sudah berada di atas kasur.