Ingin Tidur Nyenyak? Coba Makanan Ini!

19 October 2012 | 09:28

Tidur nyenyak ternyata juga berhubungan dengan jenis makanan tertentu. Apakah Anda pernah disarankan untuk minum susu hangat agar bisa tidur nyenyak? Dan jika Anda mengikuti saran tersebut, Anda juga pasti merasakan ternyata pernyataan itu bukanlah isapan jempol semata. Karena minum susu memang cukup membantu Anda agar bisa tidur lebih pulas. Ternyata ada beberapa hal yang juga bisa membuat Anda lebih nyenyak tidur selain susu hangat menjelang tidur.

Tidur nyenyak

Cemilan yang sangat direkomendasikan untuk tidur lebih nyenyak adalah cemilan yang mengandung karbohidrat dan protein. Hal ini karena tryptophan dan karbohidrat akan membantu melepaskan insulin dan kemudian akan merangsang pengeluaran melatonin dan juga serotonin ke tingkat yang pas. Sehingga zat di dalam tubuh Anda akan membentuk suatu senyawa yang bisa membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak. Nah berikut ini adalah beberapa contoh cemilan yang bisa membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak dan lebih nyaman:

Tidur nyenyak bisa didapatkan dengan cemilan yang pertama, yaitu almond dan ceri. Karena almond mempunyai kandungan magnesium dan juga tryptophan. Anda juga bisa menambah segenggam cracker atau Anda juga menyantapnya bersama dengan tart ceri. Tart ceri mempunyai kandungan melatonin yang cukup banyak. Kandungan melatonin ini berfungsi untuk bisa membuat Anda mengantuk dalam waktu singkat. Jadi, waktu tidur Anda akan lebih lama dan lebih nyenyak setelah makan dua macam cemilan ini. Anda juga bisa mengakhirinya dengan minum segelas susu hangat. Dan rasakan sensasi dan manfaatnya.

Cemilan yang kedua, pisang. Pisang mempunyai kandungan kalium dan magnesium yang bisa membantu otot tegang menjadi lebih rileks. Sehingga saat tidur, otot juga akan bisa beristirahat. Jadi, Anda istirahat dan otot-otot Anda juga bisa istirahat, sehingga tubuh menjadi sangat rileks dan segar saat bangun.

Cemilan yang ketiga, edamame. Bentuk dan rasa edamame mirip dengan kedelai. Yaitu terasa gurih tetapi kandungan kalorinya rendah. Edamame mempunyai bentuk seperti biji yang besar dan biasanya dimasak dengan cara direbus. Makanan ini berasal dari Jepang dan biasanya digunakan sebagai cemilan untuk orang yang sedang diet.

Tidur nyenyak juga bisa didapat dari oatmeal. Segelas susu memang bisa membantu Anda untuk tidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Nah, untuk mendapatkan rasa yang lebih unik, Anda juga bisa mencampurkan oatmeal ke dalam semangkuk susu. Kemudian Anda juga menambahkan rempah-rempah favorit Anda dan nikmati selagi hangat. “Ramuan” ini akan membuat tubuh Anda hangat dan rileks dan lebih cepat mengantuk.

Cemilan yang kelima adalah yoghurt. Makanan olahan susu ini bisa membuat Anda lebih kenyang dan lebih cepat merasa mengantuk. Tetapi jangan khawatir karena dengan mengkonsumsi makanan ini Anda tidak akan berubah menjadi gendut, makanan ini akan menjaga tubuh Anda tetap langsing. Yoghurt bisa menjadi cemilan ideal untuk menjaga badan tetap langsing tetapi juga mendaptkan karbohidrat dan protein dalam satu sajian. Nah, untuk menikmatinya, Anda bisa mencampur yoghurt dengan buah-buahan favorit Anda.

Setelah Anda mengetahui jenis-jenis cemilan yang bisa membuat Anda lebih nyanyak tidur dan mendapatkan nutrisi yang bagus untuk tubuh, sebaiknya Anda segera merealisasikan tips ini. Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk membeli stock cemilan sehat ini untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak agar keesokan harinya Anda bisa bangun dengan lebih segar dan beraktivitas dengan lebih riang. Selamat mencoba.