Ini Dia Keajaiban ASI

22 August 2013 | 08:54

ASI atau Air Susu Ibu merupakan karunia Tuhan yang tiada gantinya. ASI tidak bisa dibeli seperti halnya susu sapi atau susu kedelai. Ketika melahirkan, sebagian besar Ibu akan memproduksi ASI yang dikeluarkan melalui payudaranya. ASI mempunyai manfaat yang sangat penting bagi tumbuh kembang bayi, terutama pada 6 bulan pertama. Tetapi terkadang karena suatu kondisi, banyak wanita yang tidak bisa menyusui buah hatinya, misalnya karena aktif bekerja, dan lain sebagainya. Padahal jika menyusui bayi secara eksklusif bisa meningkatkan IQ bayi.

ASIHal ini juga sudah dibuktikan oleh berbagai penelitian yang menyebut hubungan antara pemberian ASI secara eksklusif dengan peningkatan IQ bayi. Secara ilmiah juga dijelaskan bahwa ASI mempunyai kandungan semua vitamin, nutrisi dan berbagai zat yang dibutuhkan dan penting untuk bayi. Jika ASI diberikan secara eksklusif dan tidak dicampur dengan susu formula, maka daya serapnya oun akan lebih maksimal ke dalam tubuh bayi.

ASI yang diberikan lebih lama pada bayi secara eksklusif akan meningkatkan kemampuan verbal pada anak pada usia 3 tahun serta meningkatkan kemampuan non-verbal atau IQ ketika anak mencapai usia 7 tahun. Standarnya, bayi disusui sampai usia 6 bulan, tetapi jika lebih juga tidak mengapa karena justru bisa memenuhi kebutuhan asupan nutrisi pada bayi. Untuk Ibu yang menyusui, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan omega 3 dan bernutrisi tinggi agar kualitas ASI yang dihasilkan juga mempunyai banyak kandungan vitamin serta zat-zat yang dibutuhkan oleh bayi.

Secara psikologis, bayi yang disusui oleh Ibunya akan menjadi lebih tenang dan tidak mudah rewel karena bayi akan tumbuh dan mempunyai ikatan emosional yang lebih baik pada Ibunya daripada bayi yang tidak disusui. Selain untuk bayi, ASI juga bermanfaat untuk sang Ibu, yaitu bisa membuat payudara kencang karena terus mengeluarkan ASI serta membantu menjaga berat badan.

ASI yang Anda miliki merupakan anugerah Yang Maha Kuasa. Ketika Anda sedang hamil, sebaiknya Anda mendiskusikan hal ini dengan suami. Rencanakan dengan matang agar Anda bisa menyusui secara eksklusif dan mendapatkan dukungan penuh dari suami. Karena suami juga berperan dalam kesuksesan program ASI eksklusif Ibu dan bayi. Jadi, kepintaran dan tingginya IQ anak Anda berada di tangan Anda sendiri, ladies.