Ini Dia Tips Mencegah Munculnya Serangga

3 April 2013 | 09:43

Munculnya serangga di rumah tentunya menjadi factor ketidak-nyamanan tersendiri. Munculnya serangga di rumah bisa sangat mengganggu jika tidak segera dihilangkan. Bahkan terkadang bisa juga kita sudah mengusir mereka tetapi mereka masih saja kembali lagi. Lalu bagaimana untuk bisa menjaga rumah agar aman dari serbuan serangga?

Munculnya serangga di rumah

Yang pertama harus Anda lakukan adalah dengan mencegah datangnya serangga, dengan cara:

  • Hindari makanan berserakan. Setiap kali menggunakan, langsung hilangkan noda yang ada di permukaan kompor dan blender. Jangan lupa juga untuk membersihkan cairan manis yang keluar dari wadahnya, seperti susu dan madu. Jika Anda mempunyai hewan peliharaan, buanglah sisa makanannya agar serangga tidak datang.
  • Bebas genangan air. Munculnya serangga di rumah juga bisa disebabkan oleh genangan air, khususnya jentik nyamuk. Jadi, selalu perbaiki pipa dan keran yang bocor.
  • Bersihkan halaman rumah. Sampah kaleng dan dedaunan yang rontok di luar rumah sebaiknya segera dibersihkan. Tutup tempat sampah dengan rapat dan bersihkan kotoran hewan peliharaan Anda. Karena kotoran dan sampah bisa menjadi sarang nyamuk, lalat, semut dan juga serangga yang lain.
  • Basmi sarang serangga. Setelah Anda membersihkan lingkungan dalam dan luar rumah Anda, pastikan juga Anda sudah menutup semua celah atau lubang yang digunakan sebagai tempat keluar masuknya serangga. Segera sapu bersih jika Anda melihat sarang laba-laba.

Munculnya serangga di rumah juga bisa diatasi dengan menutup jalur serangga, yaitu:

  • Kecoa dan semut. Anda bisa menggunakan racun serangga karena racun serangga lebih bagus hasilnya daripada perangkap. Pilihlah racun yang bentuknya pasta atau gel. Atau sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan bubuk anti semut.
  • Laba-laba. Anda bisa menyedot jarring laba-laba beserta laba-labanya dengan penyedot debu. Kemudian tuang isi dalam kantong penyedot debu ke kantong sampah dan ikat sebelum dibuang.

Panggil tenaga ahli. Cara ini bisa Anda lakukan jika cara-cara di atas sudah tidak mempan lagi untuk mengusir serangga dari rumah Anda. Biasanya yang sulit untuk diatasi adalah rayap dan serangga jenis lainnya.

Setelah Anda membasmi kecoak, sebaiknya Anda segera membuang dan membersihkan permukaan yang sudah terkena kecoak tadi dengan tisu atau cairan anti bakteri. Hal ini untuk membuat tempat bekas kecoak tersebut kembali aman dan bebas bakteri sehingga bisa digunakan untuk aktivitas seperti biasanya lagi. Selain itu, Anda juga sebaiknya tidak menggunakan semprotan anti serangga. Karena sejatinya, semprotan anti serangga sangat berbahaya bagi anak-anak. Selain itu, serangga yang sudah terkena semprotan tersebut masih bisa berkeliaran walaupun hanya dalam beberapa detik dan bisa menyebarkan racun ke semua ruangan yang dilewatinya.