Ini Dia Trik Makan Enak dengan Perasaan Enak

31 May 2013 | 10:01

Makan enak biasanya menimbulkan rasa bersalah bagi sebagian orang, terutama bagi mereka yang sedang berdiet. Karena makan enak biasa diidentikkan dengan makanan yang tinggi kalori dan bisa menggagalkan program diet yang Anda lakukan. Sebaliknya, banyak pula yang beranggapan bahwa makanan sehat merupakan makanan yang rendah kalori. Berikut ini beberapa trik agar Anda tetap nyaman ketika makan makanan enak tanpa merasa bersalah dan tanpa menggagalkan program diet yang sedang Anda lakukan:

Makan enak

  • Pilihlah sayuran berwarna hijau tua. Ketika Anda akan membuat salad, sebaiknya Anda memilih sayuran dengan warna hijau tua. Kenapa? Karena sayuran dengan warna hijau tua lebih banyak menyerap gizi dan menyatukan lebih banyak vitamin. Jadi mulai sekarang, Anda harus waspada dalam memilih sayuran agar tidak menggagalkan program diet yang Anda lakukan.
  • Pilihlah piring paling kecil. Makan enak bisa dinikmati dengan enak juga jika Anda mengandalkan piring kecil. Karena dengan memilih piring kecil akan membuat Anda merasa porsi makanan yang Anda ambil sudah cukup banyak. Untuk itulah Anda harus bisa menyiasati hal ini. selain Anda merasa sudah mengambil porsi banyak dengan piring kecil, Anda juga akan merasa bahwa makanan di piring Anda lebih lezat daripada jika Anda makan dari piring yang besar.
  • Masukkan jamur di dalam telur dadar. Jika selama ini Anda lebih memilih sosis untuk membuat telur dadar, maka sebaiknya sekarang carilah alternative yang lain, seperti jamur. Karena jamur akan membuat telur dadar Anda terasa lebih mengenyangkan. Bahkan untuk mereka yang overweight, mengkonsumsi jamur kancing putih sebagai menu sarapan akan membuat mereka lebih bisa mempertahankan berat badan yang lebih ideal tanpa harus tersiksa.
  • Minumlah dari gelas yang tinggi. Karena dengan mengganti gelas yang tinggi, Anda akan minum lebih banyak daripada jika Anda minum daripada minum dengan gelas pendek. Hal ini terjadi karena otak manusia cenderung mengukur obyek dari tingginya, sehingga gelas yang lebih tinggi terlihat lebih penuh daripada yang sebenarnya.
  • Jangan terlalu sering menggunakan garpu. Karena dengan meletakkan garpu di atas piring akan menstimulasi Anda untuk makan lebih lambat. Dengan begitu, tubuh akan melepaskan hormon leptin yang berfungsi untuk mengalirkan sinyal ke otak bahwa Anda sudah cukup makan.
  • Makan lebih banyak lemak. Makan enak dan tidak harus resah dengan makan lebih banyak lemak. Anda tak perlu takut pada asupan lemak. Karena lemak merupakan komponen yang mengenyangkan. Tetapi Anda juga harus pilih-pilih lemak yang akan Anda makan. Pilihlah lemak tak jenuh, misalnya kacang-kacangan atau alpukat. Dengan begitu, Anda akan merasa kenyang lebih cepat dan tidak ingin lagi makan secara berlebihan.