Intip Manfaat “Me Time”

16 October 2012 | 10:15

Manfaat “me time” bisa Anda rasakan jika Anda memaksimalkan acara eksklusif yang Anda lakukan tersebut. Manfaat “me time” akan sangat terasa sekali dan akan berpengaruh pada aktivitas dan kreativitas Anda di hari kerja berikutnya. Bayangkan saja selama satu hari Anda sendirian. Ada banyak hal positif yang bisa Anda lakukan saat Anda sedang sendirian selain kemungkinan munculnya rasa bosan, kesepian maupun pikiran-pikiran menakutkan yang akhirnya mengganggu. Nah, agar Anda bisa menikmati “me time” secara lebih maksimal dan agar menimbulkan manfaat untuk kesehatan Anda, lakukan beberapa cara berikut ini:

Manfaat “me time”

Pertama, isi ulang. Di saat “me time” ini, Anda harus bisa mengisi ulang diri Anda. Anda harus bisa memberi waktu pada diri sendiri untuk bisa memulihkan stress. Karena pada kenyataannya, berada di sekitar orang lain juga bisa memicu stress lho. Karena ketika bersama dengan orang lain, Anda akan berusaha untuk mendengarkan mereka, menolong mereka melakukan sesuatu, dan lain sebagainya. Belum lagi jika ditambah dengan tuntutan pekerjaan yang sangat tinggi. Ketika Anda sedang berbuat sesuatu untuk orang lain, pernahkah Anda terbersit untuk memikirkan diri sendiri? Sebenarnya hal ini juga Anda perlukan. Dan tidak ada yang salah dengan hal ini, tetapi memang sebagai makhluk social, tentunya kita mempunyai batas toleransi. Nah momen menyendiri inilah yang membuat Anda bisa memulihkan diri dari stress. Menghabiskan waktu sendirian bisa memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk memulihkan energy yang sudah tersedot keluar akibat tuntutan sehari-hari.

Manfaat “me time” juga bisa dimaksimalkan dengan cara membangun motivasi. Karena kemampuan kita untuk melawan godaan, mengendalikan perilaku seperti otot dan juga membuat pilihan yang bijak harus terus dilatih secara berulang kali. Agar hasilnya, tubuh menjadi lebih kuat dan tidak terus melemah serta akan lebih tahan terhadap penyakit. Nah, jika Anda susah untuk menahan godaan untuk belanja, ngemil, mengatur pola makan yang benar dan lain sebagainya, bisa jadi itu karena pertahanan diri yang sudah menyusut. Misalnya ketika Anda baru pulang dari kantor dan merasa capek, maka Anda akan lebih mudah tergoda untuk memakan es krim yang ada di kulkas. Inilah yang disebut dengan pertahanan diri yang menurun. Dengan menghabiskan waktu sendirian, maka Anda bisa melatih kembali motivasi diri untuk bisa membangun pertahanan diri yang kuat.

Ketiga, hindari kecemasan. Ketika Anda sedang menikmati “me time”, sebaiknya Anda hindari memikrikan pikiran-pikiran negatif atau memori tertentu yang akan menyebabkan anda semakin stress atau sedih. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa hal terbaik untuk bisa mengatasi keadaan ini adalah dengan merasakan semua perasaan tidak enak tersebut kemudian melepaskannya dan membiarkannya berlalu dari hidup Anda.

Manfaat “me time” juga bisa didapat dengan cara yang keempat, yaitu dengan membuat alasan tepat untuk bermalas-malasan. Misalnya Anda berkata pada diri sendiri kalau Anda sedang malas dan tidak ingin membersihkan rumah saat ini. Tetapi jika Anda termasuk tipe orang yang tidak bisa diam atau rajin, maka Anda bisa memanfaatkan kegiatan yang menyenangkan, misalnya memasak, melukis, berkaraoke, mengecat kuku, dan lain sebagainya. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih rileks dan free.

Kelima, belajar untuk mengendalikan keinginan konsumsi berlebihan. Ketika Anda sedang bersantai sendirian, Anda bisa mengatur ulang tingkat kelaparan di diri Anda. Misalnya Anda sedang ingin makan seafood. Coba pikir kembali apakah Anda benar-benar harus memakannya sekarang dan apakah Anda benar-benar lapar sekarang.