Jadilah Panutan yang Positif Bagi Sang Buah Hati

5 June 2014 | 09:28

Panutan yang positif memang menjadi kewajiban semua orang tua. Panutan yang positif bagi orang tua akan mempengaruhi kepribadian anak sampai dewasa bahkan sampai tua nantinya. Itulah sebabnya Anda harus berhati-hati dalam berbicara dan bertindak. Perhatikan segala perkataan, tingkah laku, dan sikap Anda karena anak akan terbiasa dengan hal itu semua sehingga akan meniru.

Panutan yang positifMemang tidak ada orang tua yang sempurna dalam semua hal, tetapi bisa untuk menjadi panutan yang positif dan bermanfaat untuk kehidupan anak dari kecil sampai dewasa nantinya:

  • Ketika di tempat-tempat umum, bantulah si anak untuk menahan pintu. Baik itu di restoran, di mall, di perpustakaan, dan sebagainya. Tahanlah pintu ketika ada orang lain di belakang Anda yang akan masuk. Hal sederhana seperti ini bisa terpatri dalam diri anak Anda tentang sikap bertanggung jawab dan saling menghargai terhadap orang-orang di sekitar Anda serta menyebarkan rasa kasih sayang pada semua makhluk hidup.
  • Berkebun atau merawat hewan peliharaan. Panutan yang positif juga mengajarkan anak untuk menyayangi semua makhluk hidup ciptaan Tuhan. Anda bisa mengajarinya untuk berkebun dengan menanam tanaman atau bunga yang anak suka dan mengajarinya untuk merawat tanaman tersebut. Begitu juga dengan hewan peliharaan. Adanya hewan peliharaan di rumah sangat cocok untuk Anda yang masih mempunyai satu anak. Dengan menyayangi dan merawat hewan peliharaan di rumah, maka Anda menunjukkan secara langsung apa itu kasih sayang dan melindungi sesama makhluk hidup. Dengan merawat hewan peliharaan, Anda juga bisa meredam tingkat stres.
  • Membaca. Anda bisa membiasakan anak-anak Anda untuk mulai mencintai buku. Dengan membaca, anak bisa belajar untuk menghargai dan menikmati kalimat-kalimat yang ada di bacaan favoritnya. Selain itu, anak juga bisa memperluas pengetahuan dan mendapatkan pesan moral.
  • Bersenang-senang. Panutan yang positif kali ini memang membuat anak Anda menjadi lebih bisa menghargai hidup dalam batas yang wajar. Biarkan anak-anak berkreasi dengan apa yang mereka inginkan. Jangan membatasi gerakan mereka dan jangan takut kotor. Tunjukkan pada anak bahwa merayakan keberhasilan untuk menyenangkan dan merupakan hal yang baik.
  • Mempunyai banyak teman. Jadikan rumah Anda menjadi rumah yang ramah. Artinya, Anda bisa jadwalkan mengundang teman-teman untuk makan bersama di rumah sebulan sekali. Dengan adanya orang lain yang datang, anak akan belajar bagaimana berkomunikasi dan bersosialisasi yang baik. Cara ini juga memberitahu anak betapa pentingnya mempunyai teman.
  • Menjaga kesehatan. sesibuk apapun Anda dan pasangan, selalu luangkan waktu untuk berolahraga. Karena dengan melihat Anda dan pasangan berolah raga, maka anak Anda juga akan mulai paham pentingnya menjaga kesehatan.

Menjadi konsumen yang cerdas. Jangan biasakan menjadi impulsive buyer, begitu ada diskon langsung belanja gila-gilaan. Karena hal ini akan terserap oleh anak Anda dan suatu saat ketika dia menginginkan sesuatu, mereka akan langsung membelinya tanpa berpikir dua kali dan mereka akan menganggapnya sebagai suatu hal yang wajar.