Jadilah Sahabat bagi Pasangan

29 November 2012 | 09:48

Menjadi sahabat bagi pasangan akan mewujudkan hubungan yang harmonis dan aman. Menjadi sahabat bagi pasangan memang selalu digadang menjadi salah satu cara terpenting untuk menjaga keharmonisan rumah tangga. Tetapi bukan itu saja, Anda juga dituntut agar mampu memainkan beberapa peran sekaligus. Antara lain sebagai Ibu, istri, dan sahabat untuk sang suami tercinta.

Menjadi sahabat bagi pasangan

Mengapa harus menjadi sahabat? Karena peran sebagai seorang sahabat adalah salah satu yang paling penting. Sebagai sahabat, Anda dan suami bisa saling terbuka satu sama lain, entah itu tentang urusan kantor, teman-temannya yang lain, atau perasaan dan pandangannya terhadap sesuatu. Bayangkan jika Anda bersahabat dengan suami Anda, maka bisa dikatakan bahwa pernikahan Anda tidak ada masalah serius. Karena Anda berdua bisa saling terbuka dan saling berdiskusi atau sekedar share untuk mencari solusi yang terbaik. Nah, untuk bisa memerankan sebagai sahabat yang baik bagi pasangan, lakukan beberapa hal berikut ini.

Menjadi sahabat bagi pasangan bisa dilakukan dengan cara yang pertama, yaitu dengan memberikan waktua luang bersama pasangan. Sebagai seorang istri tentunya ada banyak kesibukan yang harus Anda hadapi, misalnya jadwal yang padat di kantor, mengurus anak dan juga melakukan pekerjaan rumah tangga yang lain. Hal ini terkadang menjadi penghalang untuk meluangkan waktu bersama dengan pasangan. Nah untuk mengatasi masalah ini, cobalah buat jadwal untuk dihabiskan bersama dengan pasangan, misalnya sarapan bersama, makan malam berdua, kencan romantic berdua, dan lain sebagainya. Hal ini akan menambah quality time Anda dan suami.

Kedua, bersabar terhadap pasangan. Misalnya sang suami sering bertingkah sesuka hatinya, seperti mengebut ketika mengemudi, menaruh pakaian kotor sembarangan atau hal lain yang bisa membuat Anda kesal bukan kepalang. Tapi ketika Anda ingin marah, ingatlah bahwa Anda juga mempunyai banyak kekurangan yang juga tidak kalah membuatnya stress tetapi tidak dianggap sebagai masalah olehnya. Lalu mengapa Anda harus bertingkah seolah dia melakukan kesalahan super besar?

Menjadi sahabat bagi pasangan juga harus melakukan hal yang ketiga, yaitu dengan mendengarkan setiap keluh-kesahnya. Ketika selesai beraktivitas, mungkin Anda dan pasangan mempunyai banyak sekali keluh kesah yang ingin dikeluarkan. Tapi biarkan dia mengeluarkan curhatnya terlebih dahulu. Duduklah di sampingnya dan dengarkan cerita tentang aktivitasnya atau apapun yang ingin diceritakannya pada Anda. Kemudian Anda juga harus memberikan respon dan tanyakan lebih mendalam tentang apa yang ingin Anda tahu. Tapi jangan berkesan anda sedang menginterogasi pasangan Anda. Dengan begitu, dia akan menjadi lebih terbuka dengan Anda.

Keempat, tunjukkanlah rasa tertarik pada hal-hal yang disukainya. Tanyakan apa yang ingin dia capai di dalam hidupnya. Kemudian jangan segan untuk melakukan kegiatan bersama dengannya, misalnya berolahraga bersama, bermain game bersama, memasak bersama, menemaninya ke bengkel mobil langganannya, dan lain sebagainya.