Jalin Kedekatan dengan bayi Anda

31 May 2013 | 09:58

Bayi merasa nyaman dan aman tentunya menjadi harapan setiap orang tua, entah sedang didekat mereka atau tidak. Bayi merasa nyaman dan aman ketika berdekatan dengan sang Ibu bisa didapat dengan memberi ASI pertama melalui IMD. IMD ini terbukti mampu membangun kelekatan antara Ibu dan sang bayi. Tetapi sebagai seorang Ibu, Anda tidak boleh berpuas diri hanya karena telah memberikan IMD. Karena sejatinya, kedekatan antara bayi dan Ibu untuk membuat sang bayi merasa tenang dan nyaman bisa dilakukan dengan beberapa hal berikut ini:

Bayi merasa nyaman dan aman

  • Selalu perhatikan kebutuhan bayi Anda, baik psikis maupun fisik. Misalnya dengan memberikan ASI eksklusif, memberikan makan dan minum yang sesuai dengan tahapan usianya, dan lain sebagainya.
  • Untuk orang tua yang sama-sama bekerja, tetap mempunyai kesempatan untuk menjalin kedekatan denga sang buah hati. Yaitu Anda dan suami harus meluangkan waktu sebelum berangkat bekerja dan setelah bekerja. Anda bisa memanfaatkan menit-menit tersebut untuk menjadi quality time, yaitu dengan mengasuhnya langsung. Biarkan babysitter istirahat sejenak dan Anda bisa memandikan bayi Anda, mengganti popoknya yang basah, membacakan dongeng, menyanyikan lagu, bercanda dan lain sebagainya.
  • Rajin mengajaknya bermain. Bayi merasa nyaman dan aman jika sering diajak bermain sambil diberikan stimulasi gerak fisik sesuai dengan usianya. Hal ini untuk membuat pertumbuhannya berjalan tepat waktu. Anda bisa melakukan langkah ini dengan berbagai macam alat dan permainan yang ada di rumah. Selain lebih dekat dengan kedua orang tuanya, buah hati Anda juga akan tumbuh kembang dengan baik jika diberikan stimulasi yang optimal.
  • Anda tidak boleh lupa menyapa, memberikan pelukan, mengajak ngobrol, memberikan elusan serta memberikan peluk cium.
  • Melakukan kontrol rutin ke dokter. Hal ini merupakan hak buah hati Anda untuk mendapatkan kesehatan fisik dan psikis. Ketika di dokter, sang buah hati Anda akan mendapatkan imunisasi dan pantauan tumbuh kembangnya, seperti mengukur tinggi badan, menimbang berat badan, mengukur lingkar kepala, dan mengukur kemampuannya dalam berkembang.
  • Ayah dan Ibu harus kompak menciptakan lingkungan yang tidak bising, nyaman, sejuk, dan lain sebagainya. Selain itu, Ayah dan Ibu juga harus kompak dalam mewujudkan kehidupan yang harmonis sehingga bisa menunjukkan emosi positif di dalam rumah.
  • Ibu tidak segan-segan untuk mebuat sang buah hati merasa rileks di dekatnya. Bayi merasa nyaman dan aman ketika bersama sang Ibu bisa dilakukan dengan melakukan pijat bayi. Karena pada umumnya setelah bayi dipijat, dia akan tidur pulas karena keluarnya hormon tidur/ melatonim. Pola tidur bayi Anda juga akan menjadi teratur dan tidak mudah rewel karena merasa nyaman dengan kondisinya sendiri dan lingkungannya. Selain itu, dia akan sangat lahap meminum ASI atau makanan pendukung lainnya. Akibatnya, daya tahan tubuhnya juga akan semakin baik sehingga bayi Anda tidak mudah sakit. Melalui pijat bayi ini, bonding atau kedekatan antara Ibu dan bayi akan terjalin dengan erat. Anda bisa belajar cara memijat bayi dari majalah, buku, dan internet.