Jangan Ngemil Makanan Ini Saat di Kantor

1 November 2013 | 09:11

Cemilan di kantor biasanya tidak terasa membuat berat badan bertambah banyak. Cemilan di kantor biasanya dirasakan oleh mereka yang bekerja kantoran. Karena hampir 90% pekerja kantoran suka ngemil dan tidak sadar dengan perubahan berat badannya.

Lantas mau bagaimana lagi? Memang rasanya tidak afdol jika bekerja tidak dibarengi dengan ngemil.

Sebenarnya, Anda tak perlu seketika berhenti ngemil lho. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengganti camilan yang biasa Anda konsumsi dengan camilan yang bisa mengontrol berat badan dan bisa membantu me-maintain kondisi perut agar tidak merasa lapar terus. Misalnya ngemil buah-buahan dan kacang-kacangan.

Cemilan di kantorCemilan di kantor sebaiknya disiasati dengan cerdas. Siasati agar Anda merasa kenyang lebih lama dan tidak makan terlalu banyak. Nah sebenarnya ada pantangan yang harus Anda hindari jika ingin ngemil tetapi bentuk badan tetap ramping. Ini dia makanan yang sebaiknya Anda hindari:

  • Makanan yang mengandung tinggi kalori. Cemilan yang mengandung banyak kalori antara lain donat, cupcake, brownies, kue basah, dan lain sebagainya. Pastikan Anda mengetahui jumlah asupan kalori yang dibutuhkan tubuh Anda hanya sebesar 2.000 kalori. Artinya, jika dalam satu hari Anda sudah mengkonsumsi 1 brownies, maka Anda mempunyai sisa kalori 1.800 yang bisa Anda penuhi dalam sehari. Lalu bagaimana pertambahan berat badan terjadi? Yaitu ketika asupan kalori lebih besar daripada yang sudah dianjurkan kemudian kalori tersebut dibiarkan menumpuk dan tidak dibakar. Kalori inilah yang akhirnya mebuat perut semakin berlipat.
  • Makanan yang tidak bergizi. Contoh makanan tidak bergizi yang sering dikonsumsi adalah junk food. Junk food seringkali disebut makanan sampah karena kandungan gizi yang ada di dalamnya hampir tidak ada. Junk food atau makanan sampah yang lain biasanya hanya berisi banyak kalori dan menyisakan banyak lemak di dalam tubuh.
  • Makanan manis. Tak bisa dipungkiri lagi jika makanan manis dan bergula mengandung banyak kalori. Memang memanjakan lidah tetapi tidak memberikan nutrisi pada tubuh. Lebih parah lagi jika Anda tidak membakar kalori tersebut maka lemak yang menumpuk akan semakin parah dan berat badan Anda pun akan lebih berat.

Cemilan di kantor yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah permen. Permen seringkali menjadi pengganjal jika mulai mengantuk. Tapi untuk menjaga berat badan Anda tetap stabil, sebaiknya pilihlah permen rendah kalori.