Jomblo? Lakukan Hal-Hal Positif Saja!

7 November 2012 | 04:20

Status jomblo bukanlah merupakan alasan untuk terus menghantui diri sendiri dengan pikiran dan perbuatan negatif. Status jomblo memang rasanya pasti menyedihkan, terutama untuk yang baru menyandang status ini dalam hitungan harian. Karena memang fase terberat setelah putus cinta adalah pada minggu-minggu pertama.

Status jomblo

Menjadi perempuan single setelah sekian lama menyandang hubungan memanglah bukan hal yang mudah untuk dilewati. Pasti aka nada perasaan kesepian pasca putus hubungan, merasa ditinggalkan dan terlebih jika banyak orang di sekitar Anda yang mempunyai kekasih. Rasanya hidup menjadi tidak indah dan tidak menyenangkan lagi. Lalu apa yang harus dilakukan? Sebenarnya jika kita mau membuka hati dan pikiran kita, masih ada banyak hal positif yang bisa kita lakukan. Karena dari putusnya sebuah hubungan tentunya ada makna positif di baliknya. Misalnya mendapatkan kembali kebebasan dan kemandirian. Tidak percaya? Berikut beberapa hal positif yang bisa Anda lakukan untuk hidup yang lebih indah dan bahagia.

Status jomblo bisa memberikan dampak positif dengan cara membuat langkah kecil. Cara pertama ini akan membuat Anda lebih rileks dengan kondisi Anda. Cobalah untuk memberikan waktu pada diri sendiri untuk beradaptasi dengan kondisi yang baru dan melupakan berbagai kenangan tentang mantan Anda. Karena memang wajar untuk orang yang baru saja putus hubungan merasa sangat kehilangan dan bersedih. Anda tidak perlu berpura-pura sudah move-on dan membohongi semua orang yang ada di sekitar Anda. Sebaliknya, Anda seharusnya mengenali rasa sakit itu sendiri sampai nantinya bisa terbiasa dan benar-benar bisa move-one dengan pikiran yang lebih positif.

Cara yang kedua adalah dengan tidak terburu-buru memulai hubungan yang baru. Lebih baik untuk membiasakan diri menjadi single dan menimatinya daripada Anda terburu-buru langsung memulai sebuah hubungan yang baru. Karena ketika Anda langsung memaksakan diri untuk memulai hubungan yang baru, Anda hanya akan membanding-bandingkan pasangan Anda sekarang dengan sang mantan. Dan ini akan menjadikan hubungan menjadi tidak sehat.

Status jomblo bisa dinikmati dengan cara yang ketiga, yaitu dengan menemukan identitas diri. Tahukah Anda bahwa terkadang berhubungan dengan seseorang bisa mempengaruhi dan mengubah sifat asli kita? Untuk mengembalikan sifat asli Anda setelah tidak lagi bersama sang mantan, Anda bisa mulai melakukan kembali apa yang Anda sukai tanpa harus berpikir apakah pasangan Anda suka atau tidak.

Cara yang keempat adalah dengan mengadakan girl’s day out. Ketika Anda menjadi single, itu tandanya Anda harus mengakrabkan diri kmebali dengan sahabat-sahabat Anda. Anda bisa membuat rencana bersama untuk pergi keluar dan menghabiskan malam bersama sahabat-sahabat perempuan. Berbagai aktivitas khas perempuan juga bisa Anda nikmati bersama para sahabat, antara lain spa, renang, shopping, nongkrong, nonton, dan lain sebagainya.

Cara yang kelima, sadari bahwa single bukan berarti kesepian. Jangan pernah merasa kesepian atau sendirian. Anda bisa mengungkapkan hal-hal yang mengganggu pikiran Anda pada orang-orang yang Anda percayai, misalnya pada sahabat, kerabat atau orang tua. Dengarkan dengan lapang dada berbagai macam saran yang mereka sampaikan untuk kebaikan Anda.

Cara yang keenam, lihat dari sisi positifnya. Carilah apa yang membuat Anda seharusnya bersyukur bisa putus hubungan dengan sang mantan. Misalnya dulu setiap kali melakukan sesuatu, Anda harus minta ijin pada sang kekasih. Dan sekarang ketika semuanya sudah berakhir, Anda bisa mendapatkan kembali kebebasan Anda.